Browsing by Author "Fauziah, Fauziah"
Now showing 1 - 2 of 2
Results Per Page
Sort Options
Item Penerapan Kooperatif Tipe Pair Check dalam Pembelajaran Matematika di Kelas XII Teknik Otomotif Kendaraan Ringan (TOKR) SMK Citra Utama Padang(2018-02-21) Fauziah, Fauziah; Wahyuni, Yusri; Amelia, PuspaAktivitas penerapan pembelajaran kooperatif merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika. Pembelajaran kooperatif memiliki keunggulan memotivasi siswa dalam pembelajaran kelompok yaitu dari segi penghargaan kelompok dan kerjasama kelompok. Salah satu pembelajaran kooperatif yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa serta mengoptimalkan pembagian kerja dalam kelompoknya adalah pembelajaran kooperatif tipe Pair Check. Dalam pembelajaran Pair Check ini siswa dibagi dalam kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari dua orang dalam satu kelompok, dimana siswa dalam kelompok tersebut memikirkan secara individu pertanyaan yang diberikan oleh guru, kemudian mereka mendiskusikan dengan pasangannya tentang pertanyaan yang diberikan oleh guru, serta guru meminta kepada pasangan kelompok untuk mempresentasikan didepan kelas. Sehingga siswa bisa mencari pemecahan masalah dan saling membantu memahami konsep-konsep matematika secara aktif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XII Teknik Otomotif Kendaraan Ringan (TOKR) SMK Citra Utama Padang yang berjumlah 20 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan Kooperatif Tipe Pair Check pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran pada siswa Kelas XII Teknik Otomotif Kendaraan Ringan (TOKR) SMK Citra Utama Padang.Item Penggunaan Pendekatan Kontekstual Berbasis Tugas yang Menantang (Challenging Task) untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPS SMA Tamansiswa Padang(2018-02-20) Fauziah, Fauziah; Niniwati, NiniwatiAktivitas belajar matematika siswa di kelas XI IPS SMA Tamansiswa Padang belum memuaskan. Dari data yang ada, siswa masih mengalami kesulitan dalam pengoperasian tanda Plus (+), Min (-) pada aljabar dan memfaktorkan sebuah fungsi. Hal ini disebabkan pendekatan yang digunakan selama ini belum optimal. Untuk itu dilakukan usaha peningkatan aktivitas belajar dengan menggunakan pendekatan kontekstual berbasis tugas yang menantang. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus pada semester genap tahun pelajaran 2010/2011. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPS SMA Tamansiswa Padang dengan jumlah siswa 38. Tiap siklus terdiri dari empat langkah penelitian yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan Refleksi yang digunakan sebagai dasar bagi perbaikan perencanaan pada siklus berikutnya. Untuk memperoleh data digunakan instrumen lembar observasi aktivitas siswa saat belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual berbasis tugas yang menantang dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa. Aktivitas siswa dalam memperhatikan penjelasan guru, mengerjakan tugas, dikatogorikan baik dan aktivitas siswa bertanya kepada guru, membuat kesimpulan, menemukan konsep dikatogorikan cukup, sedangkan aktivitas siswa yang tidak relevan (mengganggu teman, meribut, melamun, dll) dikatogorikan kurang. Dari análisis data dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penggunaan pendekatan kontekstual berbasis tugas yang menantang dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa kelas XI IPS SMA Tamansiswa Padang