Browsing by Author "Darmadi"
Now showing 1 - 2 of 2
Results Per Page
Sort Options
Item Pemetaan dan Pengembangan Mutu Pendidikan di Kabupaten Kuansing, Inhu dan Inhil Provinsi Riau(2012-10-29) Mahdum; Faizah, Hasnah; Solfitri, Titi; Sudrajat, Hendar; Syabrus, Hardisem; Darmadi; Tugiman; Rery, R. Usman; HambaliPenelitian ini bertjuan untuk memperoleh gambaran yang jelas tentang profil hasil belajar siswa SMA/MA di tiga rayon sasaran penelitian, yakni Kabupaten Kuantan Singingi, Kabupaten Indragiri Hulu, dan Kabupaten Indragiri Hilir, pada mata pelajaran yang diujikan secara nasional, dan mengidentifikasi berbagai kendala yang menjadi penyebab kesulitan belajar yang dihadapi peserta didik. Unit observasi penelitian ini adalah 131 unit satuan pendidikan, yang terdiri dari 50 SMA dan 71 MA Negeri dan Swasta. Langkah awal penelitian ini adalah dengan mengidentifikasi SK/KD yang bermasalah, yang ditandai dengan rendahnya nilai yang diperoleh rata-rata siswa. Langkah selanjutnya adalah menganalisis berbagai faktor yang diduga kuat menjadi penyebabnya. Dari hasil analisis daya serap mata pelajaran UN tahun pelajaran 2009- 2010, diperoleh gambaran rata-rata nilai tertinggi pada mata pelajaran Matematika (9,08) dan terendah sebesar 6,64 pada mata pelajaran Fisika. Jumlah KD bermasalah terbesar sebanyak 26 butir pada mata pelajaran bahasa Indonesia, dan terkecil sebanyak 3 butir pada mata pelajaran matematika. Faktor penyebab yang teridentifikasi paling menonjol adalah pada komponen Standar Pendidik dan tenaga kependidikan, Standar Proses, dan Standar Penilaian.Item PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF STRUKTURAL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI FKIP UNRI PADA MATAKULIAH ZOOLOGI VERTEBRATA(2014-02-22) Natalina, Mariani; DarmadiTelah dilakukan Penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP UNRI melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Struktural NHT Pada Mata kuliah Zoologi Vertebrata. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September sampai dengan bulan desember 2010. Sampel penelitian adalah mahasiswa semesteir 5 (lima) yang berjumlah 45 orang. Instrumen penelitian berupa perangkat pembelajaran dan alat pengumpul data (tes dan lembar observasi aktivitas mahasiswa). Hasil penelitian menunjukan daya serap mahasiswa pada siklus I adalah 74,44% (cukup), sedangkan pada siklus II adalah 76,98 (baik). Untuk ketuntasan belajar siklus i'61,efn aun siklus II 93,33% . Penghargaan kelompok pada siklus I 2 kelompok hebat dengan 6 kelompok super dan siklus II 5 kelompok hebat dengan 3 kelompok super. Sedangkan aktivitas belajar mahasiswa pada siklus I rerata 84,01 (baik) dan pada pada siklus II rerata 83,56 (baik). Dari hasil penelitian dapat disimpulka npenerapan pembelajaran Kooperatif Struktural NHT dapat meningkatkan hasil belajar Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP UNRI pada Mata kuliahZoologi Vertebrata