Browsing by Author "DARMAWATI"
Now showing 1 - 2 of 2
Results Per Page
Sort Options
Item PENINGKATAN HASH BELAJAR GENETIKA MELALUI MODEL PENGAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION ) PADA MAHASiSWA BIOLOGI FKIP UNRI(2013-02-22) DARMAWATIGenetika merupakan mata kuliah yang disajikan pada mahasiswa program studi biologi FKIP UNRI. Dari pengamatan penulis sebagai dosen pengampu mata kuliah genetika dalam proses pembelajaran ,mahasiswa kurang aktif dan kurang termotivasi untuk mempelajari dan mendalami materi genetika. Agar penguasaan materi genetika meningkat diperlukan perbaikan yang inovatif dalam proses pembelajaran, yaitu dengan menerapkan model pengajaran langsimg (Direct Instruction). Keimggulan dari model pengajaran langsung adalah dapat membuat pengajaran lebih jelas dan konkrit, pengajaran lebih menarik ,mahasiswa dirangsang aktif untuk mencoba melakukan sendiri, materi disajikan dalam tahap-tahap sehingga mahasiswa mudah memahami konsep-konsep yang sedang dipelajari dan akan dapat diingat lebih lama. Penelitian ini di laksanakan di program studi biologi pada mahasiswa semester 4 yang mengambil mata kuliah genetika sebanyak 40 orang. Prosedur penelitian terdiri dari: tahap persiapan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Item PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SEL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINKPAIRSHARE(TPS)PADA MAHASISWA BIOLOGI FKIPUNRI(2013-02-25) DARMAWATIBiologi sel merupakan mata kuliah yang disajikan pada mahasiswa program studi biologi FKIP UNRI. Dari pengamatan penulis sebagai dosen pengampu mata kuliah biologi sel dalam proses pembelajaran ,mahasiswa kurang aktif dan kurang termotivasi untuk mempelajari dan mendalami materi biologi sel. Agar penguasaan materi biologi sel meningkat diperlukan perbaikan yang inovatif dalam proses pembelajaran, salah satunya pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). TPS adalah teknik belajar mengajar, berfikir-berpasangan berbagi. Teknik ini melibatkan mahasiswa untuk bekerja sendiri serta bekerja sama dengan orang lain. Keunggulan dari teknik ini adalah mahasiswa bertanggung jawab terhadap diri sendiri dan kelompoknya. Selain itu struktur ini menghendaki mahasiswa untuk lebih banyak berfikir, menjawab dan saling membantu dalam kelompok kecil yang heterogen baik secara akademik maupun jenis kelamin Penelitian ini di laksanakan di program studi biologi pada mahasiswa semester 6 yang mengambil mata kuliah biologi sel sebanyak 24 orang. Prosedur penelitian terdiri dari : tahap persiapan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.