Browsing by Author "Asni, Enikarmila"
Now showing 1 - 2 of 2
Results Per Page
Sort Options
Item Gambaran Inflamasi Hepar Pada Tikus Yang Diberi Diet Aterogenik(2015-04-13) Asni, Enikarmila; Romus, Ilhami; Pribadi, Ligat; IsmawatiAtherogenics diet had increase inflammation, especially in vascular system. This research had an aim to is to evaluate whether inflammation also happened in hepar histopathology of Wistar rat which fed by atherogenic diet for 5, 8 and 12 weeks. Methods: By using rat as animal experiment, fed by cholesterol from egg yolk (2%), goat fat(5%), cholate acid (0,2%) mixed in standard food, and given 20 g/day/each rat . Vitamin D3 for initial dosage (700.000 IU/kg) was given in the first day, and repeated every four weeks 300.000 IU/kg by using sondage. There are 3 groups of rats; 8 weeks group (P1), 12 weeks group (P2), and control group (P0). For control group, the animal only fed by standard food without giving vitamin D3. Histopathology evaluation based on Histological activity by Metavir system, which grade into none, mild, moderate and severe. Results: For control group, there are 60% samples with mild activity score and 40% with moderate activity score. For 8 weeks group, there are 67% samples with moderate activity score and 33% with mild activity score. For 12 weeks group, all of samples with mild activity score.Item MANFAAT DAN HAMBATAN METODE BELAJAR PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) MENURUT PERSPEKTIF MAHASISWA TAHUN PERTAMA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS RIAU(2013-03-05) Asni, EnikarmilaImplementasi problem-based learning (PBL) sebagai metode belajar didukung oleh berbagai bukti yang menunjukkan kelebihan metode ini dibandingkan metode yang mengandalkan kuliah saja. Di lain pihak, metode PBL akan mengurangi beberapa kelebihan yang diperoleh dari metode kuliah secara konvensional. Sebagai metode yang diterapkan di Fakultas Kedokteran Universitas Riau, PBL akan menimbulkan kecemasan bagi mahasiswa baru terutama yang tidak mengalami PBL di sekolah sebelumnya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mengumpulkan perspektif mahasiswa baru terhadap PBL, pada saat melakukan PBL baik pengalaman yang posistif (kelebihan yang dirasakan) maupun yang negatif (hambatan yang dirasakan). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan membaca dan menganalisis setiap tema yang muncul pada pertanyaan terbuka yang diajukan. Setiap tema akan dianalisis dan ditentukan peneliti. Data kuantitatif yang dikumpulkan bersifat melengkapi data kualitatif. Kuisioner dengan pertanyaan terbuka dan reflektif esai tentang 5 manfaat PBL yang dirasakan dan 5 hambatan yang dirasakan selama PBL ditujukan pada mahasiswa FK UR tahun pertama (angkatan 2008) . Kuisioner diberikan pada saat selesai satu kali diskusi dan 1 semester. Reflektif esai dibuat pada saat selesai 1 sesi PBL. Kuisioner tertutup diberikan setelah 1 tahun untuk evaluasi. Peningkatan kebersamaan kelompok, keberanian mengemukakan pendapat, keaktifan, keterampilan komunikasi , pola pikir kritis, kemandirian, keterampilan klinis serta arah belajar karena berdasarkan masalah merupakan manfaat dominan yang dirasakan mahasiswa. Hambatan internal seperti kurangnya pengetahuan dan keterampilan PBL paling sering dirasakan setelah satu kali diskusi tutorial. Hambatan ekstemal seperti terlalu banyak tugas dan keterbatasan sumber literatur banyak dikeluhkan setelah 1 sesi PBL. Sedangkan hambatan ekstemal seperti jadwal perkuliahan yang padat dan sering berubahubah sering dikeluhkan setelah satu semester. Setelah 1 tahun pertama, manfaat dan hambatan yang dinyatakan relatif sama dengan sebelumnya, seperti keaktifan dan keberanian mengemukakan pendapat (manfaat) dan jadwal perkuliahan yang berubah-ubah dan padat (hambatan).Untuk meningkat kualitas PBL maka diperiukan evaluasi PBL dan penelitian lebih lanjut pada manfaat dan hambatan ini sehingga didapatkan hasil yang lebih menyeluruh dan menjawab kebutuhan mahasiswa.