Browsing by Author "Adrina, Fitri"
Now showing 1 - 2 of 2
Results Per Page
Sort Options
Item PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN TEAM GAMES TOURNAMENTS (TGT) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN DAYA HANTAR LISTRIK DAN REAKSI REDOKS DI KELAS X.1 MAN 2 MODEL PEKANBARU(2014-02-06) Rery, Usman; Adrina, FitriThe background of this classroom action research is the learning result of chemical subject in class X.1 which is not contrast with their activities. The students were active enough gave any question in the teaching and learning process but the learning result is not satisfied. It is because there were only several students who did it themselves but many students were cheating to do their excercises in the class. And the other students just wrote the results without understanding the items so that what they have done loosing at the moment. The aims of this classroom action research are to increase their activeness and mastery learning with the implementation of Cooperative Learning NHT and TGT. The research has done 2 cycles. Activeness and mastery learning were obtained in cycle I and cycle II : The students activeness increase from 64,14% (enough) to 72,14% (good) and the mastery learning is not increase from 100% to 80,65%. Although mastery learning of cycle II decrease but this classroom action research has succeed to improve the teaching and learning process of MAN 2 MODEL Pekanbaru in class X.1 become better than before. This research conclusion are the implementation of the cooperative learning NHT and TGT make students more active in the teaching and learning process, be enjoyable and they are not bored to study.Item PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN TEAM GAMES TOURNAMENTS (TGT) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN DAYA HANTAR LISTRIK DAN REAKSI REDOKS DI KELAS X.1 MAN 2 MODEL PEKANBARU(2014-06-26) Rery, R. Usman; Adrina, FitriLatar belakang dilaksanakan penelitian tindakan kelas ini adalah hasil belajar pada mata pelajaran kimia di kelas X.1 tidak sejalan dengan keaktifannya. Siswa cukup aktif bertanya di dalam kelas, namun hasil belajarnya belum memuaskan. Belum memuasnya hasil belajar ini diduga karena dalam pengerjaan latihan di kelas, siswa selalu tertumpu pada beberapa siswa. Dan siswa lain sekedar mencatat saja hasilnya tanpa dipahami sehingga apa yang telah dikerjakan akan hilang seketika. Tujuan penelitian tindakan ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan ketuntasan belajar siswa melalui penerapan pembelajaran kooperatif NHT dan TGT. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Keaktifan dan ketuntasan siswa yang diperoleh pada siklus I dan siklus II yaitu keaktifan siswa meningkat dari siklus I ke siklus II berturut-turut dari 64,14% (cukup) ke 72,14% (baik). Sedangkan ketuntasan belajar siswa tidak mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, berturut-turut menurut standar sekolah dan standar nasional yaitu dari 100% ke 80,65% dan 90,32% ke 74,19%. Meskipun ketuntasan belajar pada siklus II menurun namun penelitian tindakan kelas ini telah berhasil memperbaiki proses pembelajaran kimia di kelas X.1 MAN 2 MODEL Pekanbaru dibandingkan sebelum menerapkan pembelajaran kooperatif NHT dan TGT. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini bahwa penerapan pembelajaran kooperatif NHT dan TGT membuat siswa belajar lebih aktif dan senang/ tidak bosan belajar