Browsing by Author "Adel, Zamri"
Now showing 1 - 2 of 2
Results Per Page
Sort Options
Item PERANAN KIMIA ORGANIK DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN UMAT MANUSIA: TANTANGAN DAN PROSPEK KE DEPAN(2014-12-23) Adel, ZamriAkhir-akhir ini Ihnu kimia umumnya dan kimia organik khususnya seringkaH dikaitkan dengan berbagai peristiwa yang kurang mengenakkan. Dimulai dari kasus pencemaran, ledakanyang teijadi di pabrik, matinya ikan-ikan di laut dan di sungai, penipisan lapisan ozon, makanan berbahaya bagi kesehatan, hingga kasus pengeboman dan terorisme. Kata chemistry dikalangan tertentu juga mengalami penyempitan makna yang berkonotasi kurang baik. Y^aXa chemistry yang berarti kimia dewasa ini digunakan untuk mengambarkan kecocokan hubungan antar manusia, dan bahkan juga digunakan untuk mengambarkan kecocokan antar partai politik. Begitu juga kata sintetik menjadi Icata yang sangat menakutkan dan dipertentangkmi dengan kata alami seperti obat sintetik dan obat alami. Istilah back to nature dijadikan alasan pembenaran dan media promosi untuk menjual produkproduk tertentu. Dengan kata singkat, seringkaii salah pengertian yang akut mengenai istilah kimia di media sehingga menimbulkan ketakutan awam terhadap kata-kata yang berbau kimia.Item Perbaikan Proses Pembelajaran Mata Kuliah Penentuan Struktur Organik Pada Jurusan Kimia Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Riau(2015-02-27) Adel, Zamri; ZulismanPenentuan stuktur merupakan salah satu mata kuliah dasar keahlian yang wajib diikuti oleh mahasiswa jurusan kimia FMIPA UNRI. Sebelum penelitian ini proses pembelajaran penentuan struktur organik dilakukan secara konvensional dan tidak sistematis, sehingga target pengajaran sulit untuk dicapai. Karena itu daya scrap mahasiswa kurang, dan nilai evaluasi tahun 1998/1999 menunjukkan perolehan nilai A dan B 28 %. Untuk mengatasi hal itu, maka dirancang suatu program perbaikan proses pembelajaran mata kuliah penentuan struktur di jurusan kimia FMIPA Universitas Riau. Tujuannya adalah untuk menguji efektifitas program perbaikan yang telah dirancang. Metode penelitian adalah dengan melakukan pre-test pada awal perkuliahan, diikuti dengan perkuliah berdasarkan Garis-garis Besar Program Pengajaran dengan satuan acara perkuliahn yang dirancang untuk kuliah penentuan struktur. Mahasiswa diberi hand-out, kuliah dilaksanakan dengan OHP, papan tulis, dan buku teks. Evaluasi keberhasilan proses perbaikan ini dilakukan dengan membandingkan nilai pre-test dan nilai akhir, membandingkan presentase nilai yang diperoleh mahasiswa tahun 1999/2000 dengan responden mahasiswa 1998/1999. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa perbaikan proses pembelajaran kuliah penentuan struktur yang telah dirancang dan dilaksanakan berhasil menaikan jumlah masiswa yang memperoleh nilai A dan B dari 28 % menjadi 64,3 %, dan terjadi penurunan nilai C dan D dari 62,4 % menjadi 35,5 %.