DSpace Repository

PENERAPAN PEMBELAJARAN PERBINCANGAN KELAS STRATEGI THINK-PAIR-SHARE (TPS) UNTUK MENCAPAI KETUNTASAN BELAJAR SISWA

Show simple item record

dc.contributor.author Abdullah
dc.contributor.author Rery, Usman
dc.date.accessioned 2014-02-06T04:49:59Z
dc.date.available 2014-02-06T04:49:59Z
dc.date.issued 2014-02-06
dc.identifier.other wahyu sari yeni
dc.identifier.uri https://repository.unri.ac.id/handle/123456789/5524
dc.description.abstract Cara guru menyampaikan bahan pelajaran merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Jika bahan pelajaran disajikan secara menarik, besar kemungkinan motivasi dan keaktifan siswa akan semakin meningkat, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Meningkatnya motivasi tersebut juga akan meningkatkan perhatian siswa terhadap bahan pelajaran yang disampaikan oleh guru. Hal ini sesuai dengan pendapat Arikunto (1998) yang mengatakan bahwa materi pelajaran akan terserap dengan baik oleh siswa apabila ia memberikan perhatian terhadap pelajaran tersebut. Tujuan pembelajaran kimia di Sekolah Menengah Umum (SMU) menurut kurikulum 1994 adalah untuk menguasai konsep-konsep kimia dan saling berkaitan serta mampun menerapkan berbagai konsep kimia untuk memecahkan masalah, baik dalam kehidupan sehari-hari mahupun dalam teknologi secara alamiah. Untuk mencapai tujuan tersebut, siswa dimotivasi agar memahami konsep-konsep pelajaran kimia dan mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Agar tujuan pembelajaran dapat dicapai, seorang guru sebagai fasilitator dan motivator bagi siswa dalam proses pembelajaran, diharapkan mampu memilih strategi belajar yang dapat mengaktifkan siswa sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini sesuai dengan pendapat Hudoyo (1998) yang mengemukakan bahwa strategi pembelajaran akan menentukan terjadinya proses pembelajaran yang selanjutnya menentukan prestasi belajar siswa. dalam model pembelajaran seperti ini, siswa tidak terlibat banyak untuk mengetahui lebih jauh tentang pelajaran tersebut en_US
dc.description.provenance Submitted by wahyu sari yeni (ayoe32@ymail.com) on 2014-02-06T04:49:59Z No. of bitstreams: 3 cover.pdf: 871656 bytes, checksum: 56b5e7d5313a76a99dc23b35ba5dcf7e (MD5) daftar isi.pdf: 2161001 bytes, checksum: be17365b2d4fe6d6a2781718ef081495 (MD5) Buku Bunga Rampai 2009.pdf: 702873 bytes, checksum: 622a1d56a161cf14c8aa3e6af5fcb309 (MD5) en
dc.description.provenance Made available in DSpace on 2014-02-06T04:49:59Z (GMT). No. of bitstreams: 3 cover.pdf: 871656 bytes, checksum: 56b5e7d5313a76a99dc23b35ba5dcf7e (MD5) daftar isi.pdf: 2161001 bytes, checksum: be17365b2d4fe6d6a2781718ef081495 (MD5) Buku Bunga Rampai 2009.pdf: 702873 bytes, checksum: 622a1d56a161cf14c8aa3e6af5fcb309 (MD5) en
dc.description.sponsorship REFORMASI PENDIDIKAN SERANTAU en_US
dc.language.iso en en_US
dc.title PENERAPAN PEMBELAJARAN PERBINCANGAN KELAS STRATEGI THINK-PAIR-SHARE (TPS) UNTUK MENCAPAI KETUNTASAN BELAJAR SISWA en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account