DSpace Repository

Penerapan Reciprocal Teaching dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi pada Mata Kuliah Matematika Dasar

Show simple item record

dc.contributor.author Heleni, Susda
dc.date.accessioned 2018-02-22T01:09:26Z
dc.date.available 2018-02-22T01:09:26Z
dc.date.issued 2018-02-22
dc.identifier.isbn 978-979-792-552-9
dc.identifier.other wahyu sari yeni
dc.identifier.uri http://repository.unri.ac.id:8080/xmlui/handle/123456789/9247
dc.description.abstract Belajar matematika berkaitan erat dengan aktivitas, proses pembelajaran dan berpikir. Hal ini sejalan dengan empat pilar yang dicanangkan UNESCO, yaitu:1) learning to think, 2) learning to do, 3) learning to be, dan 4) learning to live together. Matematika Dasar adalah salah satu bidang ilmu yang diharapkan dapat mengembangkan kemampuan berpikir. Hasil belajar Matematika Dasar yang dicapai mahasiswa belum maksimal, disebabkan oleh proses pembelajaran masih bersifat konvensional. Mahasiswa sulit membangun pengetahuannya sendiri untuk menemukan konsep. Pengaktifan mahasiswa dalam proses pembelajaran hanya bersifat skill dalam menyelesaikan soal. Salah satu alternatif yang dapat ditempuh untuk meningkatkan prestasi mahasiswa adalah melalui kreativitas dalam memilih model pembelajaran yang inovatif dan pengembangan perangkat pembelajaran. Upaya yang dilakukan adalah menerapkan Reciprocal Teaching dalam model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini bertujuan untuk; 1) meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Matematika Dasar, 2) mendeskripsikan keterampilan kooperatif dan mengelola proses pembelajaran yang berorientasi pada Reciprocal Teaching dalam model pembelajaran kooperatif tipe STAD, 3) Mendeskripsikan kemampuan Dosen mengelola pembelajaran yang berorientasi pada Reciprocal Teaching dalam model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas Kolaboratif yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 3 kali untuk tatap muka perkuliahan dan 1 kali untuk pelaksanaan kuis. Subjek penelitian berjumlah 47 orang (7 pria dan 40 perempuan). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan Reciprocal Teaching dalam model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Riau semeter ganjil tahun pelajaran 2013/2014 pada mata kuliah Matematika Dasar. en_US
dc.description.provenance Submitted by wahyu sari yeni (ayoe32@ymail.com) on 2018-02-22T01:09:26Z No. of bitstreams: 1 55 Susda Leni OK.pdf: 3814329 bytes, checksum: 60794766f4a50249e82a91c37d3eb915 (MD5) en
dc.description.provenance Made available in DSpace on 2018-02-22T01:09:26Z (GMT). No. of bitstreams: 1 55 Susda Leni OK.pdf: 3814329 bytes, checksum: 60794766f4a50249e82a91c37d3eb915 (MD5) Previous issue date: 2018-02-22 en
dc.description.sponsorship Prosiding Seminar Nasional dan Kongres IndoMS Wilayah Sumatera Bagian Tengah FMIPA Universitas Riau, 14-15 Nopember 2014 en_US
dc.language.iso en en_US
dc.subject Reciprocal Teaching en_US
dc.subject Kooperatif en_US
dc.subject STAD en_US
dc.title Penerapan Reciprocal Teaching dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi pada Mata Kuliah Matematika Dasar en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account