DSpace Repository

Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA melalui Pembelajaran Generatif di Kawasan Perkebunan Sagu (Metroxylon Sp) Kabupaten Kepuluan Meranti

Show simple item record

dc.contributor.author Hutapea, Nahor Murani
dc.contributor.author Saragih, Sehatta
dc.date.accessioned 2018-02-21T01:42:49Z
dc.date.available 2018-02-21T01:42:49Z
dc.date.issued 2018-02-21
dc.identifier.isbn 978-979-792-552-9
dc.identifier.other wahyu sari yeni
dc.identifier.uri http://repository.unri.ac.id:8080/xmlui/handle/123456789/9239
dc.description.abstract Pembelajaran generatif (PG), dimana siswa lebih aktif dan nyata dapat meningkatkan hasil belajarmatematika umumyabelum terealisasi secara menyeluruh. Untuk itu, telah dilakukan penelitian: Peningkatan Kemampuan Komunikasi MatematisSiswa SMA Melalui Pembelajaran Generatif di Kawasan Perkebunan Sagu (Metroxylon sp) Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau, tahun ajaran 2014/2015semester ganjil pada topik sistem persamaan linear dua dan tiga variabel (SPLDVTV) dengan tujuanuntuk mengetahui seberapa besar peningkatan kemampuan komunikasi matematis (KKM) siswa SMA melalui PG. Penentuan lokasi dan sampel sekolah secara pourposive sampling yaitu di tiga kecamatan: Tebing Tinggi (produksi sagu rendah) SMAN-1 Selat Panjang; Merbau (produksi sagu sedang) SMAN-1 Merbau dan Tebing Tinggi Timur (produksi sagu tinggi)SMAN-4 Sei Tohor. Pada sampel kelas kontrol (PKV) dan kelas eksperimen (PG) dilakukan pretes dan postes. Pengumpulan data digunakan perangkat pembelajaran: RPP, LAS, media dan silabus; instrumen: tes KKM, lembar aktivitas guru dan siswa. Data yang diperoleh ditabulasi, ditampilkan dalam bentuk tabel maupun diagramdan dianalisis secara statistik melalui program SPSS 17 (α = 0,05).Hasil menunjukkan: Skorpencapaian KKM siswa melalui PG > PKVuntuk setiap kawasan penelitian (tinggi = 7,67; sedang = 8,43; rendah = 9,52) > (tinggi = 5,82; sedang = 6,04; rendah = 6,65).Skorpeningkatan (N-Gain) KKM siswa melaluiPG >PKV ( tinggi: 0,58 > 0,43; sedang: 0,64 > 0,44; rendah: 0,72 > 0,48. Tidak ada pengaruh interaksi yang signifikan antara pembelajaran dan kawasan perkebunan sagu terhadap peningkatan KKM siswa. Pembelajaran Generatif nyata meningkatkanKKM siswa (Sig.2-tailed= 0,00 < 0,05) en_US
dc.description.provenance Submitted by wahyu sari yeni (ayoe32@ymail.com) on 2018-02-21T01:42:49Z No. of bitstreams: 1 47 Nahor Murani Hutapea-OK.pdf: 2862941 bytes, checksum: 2109b4228857c17ad8d24ba1c84e507f (MD5) en
dc.description.provenance Made available in DSpace on 2018-02-21T01:42:49Z (GMT). No. of bitstreams: 1 47 Nahor Murani Hutapea-OK.pdf: 2862941 bytes, checksum: 2109b4228857c17ad8d24ba1c84e507f (MD5) Previous issue date: 2018-02-21 en
dc.description.sponsorship Prosiding Seminar Nasional dan Kongres IndoMS Wilayah Sumatera Bagian Tengah FMIPA Universitas Riau, 14-15 Nopember 2014 en_US
dc.language.iso en en_US
dc.subject Peningkatan komunikasi matematis en_US
dc.subject pembelajaran generatif en_US
dc.subject kawasan sagu en_US
dc.subject Kabupaten Kepulauan Meranti en_US
dc.title Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA melalui Pembelajaran Generatif di Kawasan Perkebunan Sagu (Metroxylon Sp) Kabupaten Kepuluan Meranti en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account