DSpace Repository

Kapal Fibreglass Sebagai Alternatif Pengganti Kapal Kayu 3 Gross Tonnage (GT)

Show simple item record

dc.contributor.author Fatnanta, Ferry
dc.contributor.author Rengi, Pareng
dc.contributor.author Bathara, Lamun
dc.contributor.author Usman
dc.contributor.author Nasution, Polaris
dc.date.accessioned 2015-12-17T03:31:45Z
dc.date.available 2015-12-17T03:31:45Z
dc.date.issued 2015-12-17
dc.identifier.issn 2339-0883
dc.identifier.other wahyu sari yeni
dc.identifier.uri http://repository.unri.ac.id/xmlui/handle/123456789/7655
dc.description.abstract Di Propinsi Riau terjadi penurunan jumlah armada kapa/ kayu berukuran 3 GT Permasalahan ini disebabkan industri kapal kesulitan memperoleh bahan baku kayu untuk pembuatan dan perbaikan kapal. Kesulitan dalam memperoleh bahan baku mengakibatkan banyak ditemukan kapal tidak bisa beroperasi karena bagian konstruksi mengalami kerusakan, dan tidak dapat digunakan. Pemerintah telah memberikan kapal bantuan berbahan fiberglass, namun kapal bantuan ini menimbulkan permasa/ahan. Masyarakat menganggap spesifikasi dan karakteristik kapal bantuan tersebut tidak sesuai dengan kebiasaan masyarakat dan lingkungan perairan setempat. Kondisi ini terbukti, armada tersebut hanya sebagian kecil yang masih dapat dioperasikan.Karena alasan tersebut di atas, di/akukan perencanaan kapal fiberglass 3 GT yang disesuaikan terhadap kondisi perairan, fungsi dan keinginan masyarakat tanpa merubah karakteristik kapal yang biasa digunakan oleh masyarakat. Perencanaan kapal fiberglass 3 GT diharapkan menjadi solusi yang bijaksana dalam peningkatan stebiliies perekonomian masyarakat perairan dan kepulauan. Terdapat tiga kriteria pertimbangan dalam menentukan kapal fibreglass sebagai kapal alternatif pengganti kapal kayu 3 GT, yaitu kondisi perairan, teknik dan ekonomis. Kriteria tersebut dikembarigkan menjadi beberapa subkriteria. Data kriteria kapal diperoleh melalui studi literatur, survey ke lapangan dan wawancara terhadap responden. Daerah tujuan survey sebanyak enam kabupaten di Propinsi Riau. Untuk analisa pemilihan kriteria yang dominan pada perencanaan kapal fibreglass 3GT digunakan AHP (Analysic Hierarchy Process). Sesuai hasil analisa AHP diperoleh lima kriteria kapal dominan untuk acuan dalam perencanaan adalah kecepatan arus, topografi, kedalaman, lambung timbul dan draft (sarat). Sedangkan hasil pengukuran kapal kayu pada enam kabupaten di propinsi Riau digunakan sebagai acuan ukuran utama kapal fibreglass en_US
dc.description.provenance Submitted by wahyu sari yeni (ayoe32@ymail.com) on 2015-12-17T03:31:45Z No. of bitstreams: 3 cover.PDF: 922693 bytes, checksum: e17cfc19ff1a31297f59f56935418c13 (MD5) daftar isi.PDF: 2561252 bytes, checksum: d06f373af91456a48c3cf65ab72c5408 (MD5) artikel.PDF: 4078519 bytes, checksum: 716004a5d0fb315da95a2d3bc7e3fd0c (MD5) en
dc.description.provenance Made available in DSpace on 2015-12-17T03:31:45Z (GMT). No. of bitstreams: 3 cover.PDF: 922693 bytes, checksum: e17cfc19ff1a31297f59f56935418c13 (MD5) daftar isi.PDF: 2561252 bytes, checksum: d06f373af91456a48c3cf65ab72c5408 (MD5) artikel.PDF: 4078519 bytes, checksum: 716004a5d0fb315da95a2d3bc7e3fd0c (MD5) en
dc.description.sponsorship Seminar Nasional Ke- II Hasil-Hasil Penelitian Perikanan Dan Kelautan Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro Semarang 4 Oktober 2012 en_US
dc.language.iso en en_US
dc.subject kapal alternatif en_US
dc.subject AHP en_US
dc.subject kriteria dominan en_US
dc.subject kapal fiberglass 3 GT en_US
dc.title Kapal Fibreglass Sebagai Alternatif Pengganti Kapal Kayu 3 Gross Tonnage (GT) en_US
dc.type UR-Scientific Work Lecturer en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account