dc.contributor.author |
Rengi, Pareng |
|
dc.contributor.author |
Hutauruk, Ronald Mangasi |
|
dc.date.accessioned |
2015-03-05T03:51:15Z |
|
dc.date.available |
2015-03-05T03:51:15Z |
|
dc.date.issued |
2015-03-05 |
|
dc.identifier.other |
wahyu sari yeni |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.unri.ac.id/xmlui/handle/123456789/6797 |
|
dc.description.abstract |
Meningkatnya konsumsi bahan bakar di tengah cadangan minyak bumi yang semakin
menipis, memerlukan solusi untuk mengurangi ketergantungan pada sumber energi fosil.
Namun penelitian-penelitian terbaru untuk pemecahan masalah ini masih memerlukan
penyempumaan dan tambahan waktu ke depan agar aplikasinya dapat dirasakan masyarakat.
Salah satu yang dapat dilakukan untuk menekan penggunaan bahan bakar pada transportasi
misalnya armada kapal perikanan, adalah mendesain hullform yang optimum. Penelitian
sebelurnnya menyebutkan bahwa hullform yang optimum mampu mempertinggi efisien kapal
saat melakukan operasi penangkapan. Sayangnya kapal perikanan tradisional secara umum
dibangun tanpa memiliki rencana garis, rencana umum, dan perhitungan lainnya. Padahal hal
ini diperlukan untuk mengetahui karakteristik awal tentang efisiensi kapal terhadap bahan
bakar saat berlayar. Kapal perikanan dengan aspek hidrodinamika yang baik dapat menekan
15% kebutuhan energi saat beroperasi. Untuk itu, pada penelitian ini bertujuan mengubah
bentuk hullform pada kapal perikanan yang digunakan di daerah Bengkalis, untuk
menghasilkan efisiensi maksimum. Kapal perikanan dimodelkan dnegan menggunakan
Maxsurf dan dibandingkan hambatannya sebelum dan setelah diperbaiki. Apabila kapal
perikanan tersebut telah memiliki efisiensi yang tinggi, maka biaya operasional kapal yang
40% disumbang oleh kebutuhan terhadap bahan bakar dapat direduksi. Basil yang diperoleh
adalah bentuk hullform setelah melalui mengalami perubahan mampu menurunkan konsumsi
bahan bakar hingga lebih dari 11% |
en_US |
dc.description.provenance |
Submitted by wahyu sari yeni (ayoe32@ymail.com) on 2015-03-05T03:51:15Z
No. of bitstreams: 3
cover.pdf: 167268 bytes, checksum: b84b080bb2e5b9bed5af32a0b2c7ec49 (MD5)
Dafta isi.pdf: 266681 bytes, checksum: f99551c6e5a20a4ee412d5d428b0c4a1 (MD5)
Makalah.pdf: 1019151 bytes, checksum: e23c82e02c25a4bacc5e73685ecbc549 (MD5) |
en |
dc.description.provenance |
Made available in DSpace on 2015-03-05T03:51:15Z (GMT). No. of bitstreams: 3
cover.pdf: 167268 bytes, checksum: b84b080bb2e5b9bed5af32a0b2c7ec49 (MD5)
Dafta isi.pdf: 266681 bytes, checksum: f99551c6e5a20a4ee412d5d428b0c4a1 (MD5)
Makalah.pdf: 1019151 bytes, checksum: e23c82e02c25a4bacc5e73685ecbc549 (MD5) |
en |
dc.description.sponsorship |
Prosiding Seminar Nasion a! Manajemen Teknologi XVIII
Program Studi MMT-ITS, Surabaya 27 Juli 2013 |
en_US |
dc.language.iso |
en |
en_US |
dc.subject |
efisiensi |
en_US |
dc.subject |
kapal perikanan |
en_US |
dc.subject |
hullform |
en_US |
dc.subject |
bahan bakar |
en_US |
dc.title |
Perbaikan Desain Kapal Perikanan Pada Tahap Pleriminary Desainvntvk Meningkatkan Efisiensi Bahanbakar |
en_US |
dc.type |
UR-Scientific Work Lecturer |
en_US |