DSpace Repository

Perbaikan Desain Kapal Perikanan Pada Tahap Pleriminary Desainvntvk Meningkatkan Efisiensi Bahanbakar

Show simple item record

dc.contributor.author Rengi, Pareng
dc.contributor.author Hutauruk, Ronald Mangasi
dc.date.accessioned 2015-03-05T03:51:15Z
dc.date.available 2015-03-05T03:51:15Z
dc.date.issued 2015-03-05
dc.identifier.other wahyu sari yeni
dc.identifier.uri http://repository.unri.ac.id/xmlui/handle/123456789/6797
dc.description.abstract Meningkatnya konsumsi bahan bakar di tengah cadangan minyak bumi yang semakin menipis, memerlukan solusi untuk mengurangi ketergantungan pada sumber energi fosil. Namun penelitian-penelitian terbaru untuk pemecahan masalah ini masih memerlukan penyempumaan dan tambahan waktu ke depan agar aplikasinya dapat dirasakan masyarakat. Salah satu yang dapat dilakukan untuk menekan penggunaan bahan bakar pada transportasi misalnya armada kapal perikanan, adalah mendesain hullform yang optimum. Penelitian sebelurnnya menyebutkan bahwa hullform yang optimum mampu mempertinggi efisien kapal saat melakukan operasi penangkapan. Sayangnya kapal perikanan tradisional secara umum dibangun tanpa memiliki rencana garis, rencana umum, dan perhitungan lainnya. Padahal hal ini diperlukan untuk mengetahui karakteristik awal tentang efisiensi kapal terhadap bahan bakar saat berlayar. Kapal perikanan dengan aspek hidrodinamika yang baik dapat menekan 15% kebutuhan energi saat beroperasi. Untuk itu, pada penelitian ini bertujuan mengubah bentuk hullform pada kapal perikanan yang digunakan di daerah Bengkalis, untuk menghasilkan efisiensi maksimum. Kapal perikanan dimodelkan dnegan menggunakan Maxsurf dan dibandingkan hambatannya sebelum dan setelah diperbaiki. Apabila kapal perikanan tersebut telah memiliki efisiensi yang tinggi, maka biaya operasional kapal yang 40% disumbang oleh kebutuhan terhadap bahan bakar dapat direduksi. Basil yang diperoleh adalah bentuk hullform setelah melalui mengalami perubahan mampu menurunkan konsumsi bahan bakar hingga lebih dari 11% en_US
dc.description.provenance Submitted by wahyu sari yeni (ayoe32@ymail.com) on 2015-03-05T03:51:15Z No. of bitstreams: 3 cover.pdf: 167268 bytes, checksum: b84b080bb2e5b9bed5af32a0b2c7ec49 (MD5) Dafta isi.pdf: 266681 bytes, checksum: f99551c6e5a20a4ee412d5d428b0c4a1 (MD5) Makalah.pdf: 1019151 bytes, checksum: e23c82e02c25a4bacc5e73685ecbc549 (MD5) en
dc.description.provenance Made available in DSpace on 2015-03-05T03:51:15Z (GMT). No. of bitstreams: 3 cover.pdf: 167268 bytes, checksum: b84b080bb2e5b9bed5af32a0b2c7ec49 (MD5) Dafta isi.pdf: 266681 bytes, checksum: f99551c6e5a20a4ee412d5d428b0c4a1 (MD5) Makalah.pdf: 1019151 bytes, checksum: e23c82e02c25a4bacc5e73685ecbc549 (MD5) en
dc.description.sponsorship Prosiding Seminar Nasion a! Manajemen Teknologi XVIII Program Studi MMT-ITS, Surabaya 27 Juli 2013 en_US
dc.language.iso en en_US
dc.subject efisiensi en_US
dc.subject kapal perikanan en_US
dc.subject hullform en_US
dc.subject bahan bakar en_US
dc.title Perbaikan Desain Kapal Perikanan Pada Tahap Pleriminary Desainvntvk Meningkatkan Efisiensi Bahanbakar en_US
dc.type UR-Scientific Work Lecturer en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account