DSpace Repository

Model Konseling Kelompok " A K TI F " Untuk Siswa Melayu Riau Kurang Berprestasi ( Underachiever)

Show simple item record

dc.contributor.author ZuLFan, Saam
dc.date.accessioned 2015-02-26T06:46:04Z
dc.date.available 2015-02-26T06:46:04Z
dc.date.issued 2015-02-26
dc.identifier.other Dody
dc.identifier.uri http://repository.unri.ac.id/xmlui/handle/123456789/6727
dc.description.abstract Pendekatan konseling di Indonesia, tampaknya belum efektif. Penelitian ini bertujuan menguji efektivitas model konseling kelompok "AKTIF'' (KKA) untuk meningkatkan motivasi instrinsik akademik (MIA), harga diri (HD), dan prestasi akademik (PA) siswa kurang berprestasi. Sebanyak 106 orang siswa Melayu Riau yang kurang berprestasi di SMU berpartisipasi dalam penelitian ini, yang terdiri dari 52 orang sebagai kelompok eksperimen dan 54 orang sebagai kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberi perlakuan KKA, sedangkan kelompok kontrol diberi perlakuan konseling konvensional (KK). Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan skala motivasi intrinsik akademik, skala harga diri, tes prestasi belajar, dan model konseling kelompok "AKTIF". Analisis data menggunakan anava !-jaIur mixed 1- faktor. Hasil analisis menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan peningkatan MIA, HD, dan PA pelajaran Bahasa Indonesia antara subjek yang diberi KKA dan subjek yang diberi KK, pada pengukuran segera setelah perlakuan dan tiga bulan setelah perlakuan, sedangkan pada pelajaran Bahasa Inggris, Biologi, dan Matematika, perbedaannya tidak signifikan. Peningkatan MIA, HD, dan PA pelajaran Bahasa Indonesia pada subjek yang diberi KKA lebih tinggi daripada subjek yang diberi KK, baik pada pengukuran setelah perlakuan maupun tiga bulan berikutnya. Kesimpulan penelitian ini sebagai berikut. (1) Model KKA efektif untuk meningkatkan motivasi intrinsik akademik siswa Melayu Riau kurang berprestasi. (2) Model KKA efektif untuk meningkatkan harga diri siswa Melayu Riau kurang berprestasi. (3) Model KKA efektif untuk meningkatkan prestasi pelajaran Bahasa Indonesia siswa Melayu Riau kurang berprestasi. (4) Model KKA tidak bermakna untuk meningkatkan prestasi pelajaran Bahasa Inggris, Biologi, dan Matematika. (5) Secara umum, dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok "AKTIF" memberikan sumbangan terhadap penerapan layanan bimbingan konseling di SMU, khusus untuk membantu siswa kurang berprestasi. Disarankan kepada guru pembimbing SMU, agar dapat menggunakan model konseling kelompok "AKTIF" sebagai salah satu alternatif panduan dalam melaksanakan konseling kelompok. en_US
dc.description.provenance Submitted by wahyu sari yeni (ayoe32@ymail.com) on 2015-02-26T06:46:04Z No. of bitstreams: 9 1. COVER.PDF: 522887 bytes, checksum: f92a4e7d4dc563590912b338c31aa4e0 (MD5) 2. ABSTRAK.PDF: 115896 bytes, checksum: b24037dcd5e5ba2f423fc52a004c1c03 (MD5) 3. DAFTAR ISI.PDF: 168879 bytes, checksum: 0dbe3e75383b94fe34c74f276f917faf (MD5) 4. BAB I.PDF: 361855 bytes, checksum: a8160fadf2e172dc75f27739c2e6bbcf (MD5) 5. BAB II.PDF: 812066 bytes, checksum: 0c1559902939a4a9bfe3f71ee31eed04 (MD5) 6. BAB III.PDF: 357381 bytes, checksum: 72511cf211b2a9b9e39fcc0295e9ef50 (MD5) 7. BAB IV.PDF: 476071 bytes, checksum: 698487179b8906359b61102dc2efbc86 (MD5) 8. BAB V.PDF: 187890 bytes, checksum: b17541c158bd1f0cd474286343c23059 (MD5) 9. DAFTAR PUSTAKA.PDF: 399613 bytes, checksum: 9b3b5bc6ac1a39f5512be882dd946270 (MD5) en
dc.description.provenance Made available in DSpace on 2015-02-26T06:46:04Z (GMT). No. of bitstreams: 9 1. COVER.PDF: 522887 bytes, checksum: f92a4e7d4dc563590912b338c31aa4e0 (MD5) 2. ABSTRAK.PDF: 115896 bytes, checksum: b24037dcd5e5ba2f423fc52a004c1c03 (MD5) 3. DAFTAR ISI.PDF: 168879 bytes, checksum: 0dbe3e75383b94fe34c74f276f917faf (MD5) 4. BAB I.PDF: 361855 bytes, checksum: a8160fadf2e172dc75f27739c2e6bbcf (MD5) 5. BAB II.PDF: 812066 bytes, checksum: 0c1559902939a4a9bfe3f71ee31eed04 (MD5) 6. BAB III.PDF: 357381 bytes, checksum: 72511cf211b2a9b9e39fcc0295e9ef50 (MD5) 7. BAB IV.PDF: 476071 bytes, checksum: 698487179b8906359b61102dc2efbc86 (MD5) 8. BAB V.PDF: 187890 bytes, checksum: b17541c158bd1f0cd474286343c23059 (MD5) 9. DAFTAR PUSTAKA.PDF: 399613 bytes, checksum: 9b3b5bc6ac1a39f5512be882dd946270 (MD5) en
dc.subject Underachiever en_US
dc.title Model Konseling Kelompok " A K TI F " Untuk Siswa Melayu Riau Kurang Berprestasi ( Underachiever) en_US
dc.type UR e-Research en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account