Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar sains fisika siswa melalui penerapan pendekatan Integrated Science Spiritual pada materi pokok Tata Surya. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SDN 034 Kampar Tahun Pelajaran 2007/2008 berjumlah 25 orang siswa. Instrumen pengumpulan data berupa tes hasil belajar kognitif dan tes hasil belajar psikomotor. Data dianalisis dengan analisis deskriptif. Dari analisis data diperoleh hasil belajar kognitif yang meliputi daya serap rata‐rata 89 % dengan kategori amat baik, ketuntasan belajar siswa klasikal 84 % dengan kategori tidak tuntas, ketuntasan materi pelajaran 100 % tuntas. Hasil belajar psikomotor meliputi daya serap rata‐rata siswa 88 % pada kategori amat baik, ketuntasan belajar siswa klasikal 97% dan ketuntasan materi pelajaran dinyatan tuntas dengan persentase 100 %. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan pembelajaran sains fisika melalui penerapan pendekatan Integrated Science Spiritual efektif di kelas VI SDN 034 Kampar pada materi pokok Tata Surya