Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa perubahan besar hambatan viskos dan gaya samping termasuk distribusi tekanan dan kecepatan aliran akibat variasi yaw angel pada kapal katamaran. Analisis dilakukan pada model katamaran refleks dengan variasi yaw angel 0o, 2o, 4o, 8o dan 10o. Rasio jarak antara lambung (S/L) yang digunakan adalah 0.3 dengan kecepatan 10 m/s. Model turbulensi yang digunakan adalah Shear Stress Transport dan dianalisa menggunakan ANSYS CFX versi 14. Hasil simulasi numerik menunjukkan adanya peningkatan koefisien hambatan viskos ketika terjadi peningkatan yaw angel. Peningkatan koefisien hambatan viskos dipengaruhi oleh perubahan besar gaya hambat akibat penambahan frontal area saat terjadi kenaikan yaw angel. Peningkatan kecepatan yang signifikan terjadi pada yaw angel 4o ke atas. Perbedaan kecepatan maksimum demihull dengan S/L 0.3 adalah 8.98%. Kenaikan yaw angel akan meningkatkan besar kontur tekanan yang dialami oleh katamaran.