Abstract:
Pembelajaran bidang studi bahasa Inggeris dalam kalangan pelajar SMA
(Sekolah Menengah Tingkat Atas) telah mengikuti prinsip-prinsip yang diinginkan oleh
Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Antaranya adalah kemampuan pelajar mengenali
teks bahasa Inggeris baik dari jenis teksnya maupun isi teks tersebut. Jenis-jenis teks
yang diajarkan dalam kalangan pelajar SMA adalah narrative, explanation, discussion,
review dan commentary. Secara umum tujuan kajian ini adalah untuk mengenal secara
pasti strategi membaca yang digunakan para pelajar, dan kontribusi terhadap kemampuan
membaca siswa. Di samping itu, kajian ini juga ingin menerangkan tentang kemampuan
memahami bacaan yang berhubungan dengan bacaan teks di sekolah dan teks ujian
nasional. Selanjutnya kajian ini juga bertujuan untuk mengenal pasti hubungan antara
kedua hal tersebut yakni strategi membaca (pembolehubah/variabel x) dan kemampuan
membaca ( pembolehubah/variabel y)