DSpace Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG MELALUI PHYSICAL SELF ASESSMENT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA FAPERIKA PADA MATA KULIAH MANAJEMEN KESEHATAN IKAN

Show simple item record

dc.contributor.author Riauwaty, Morina
dc.contributor.author Lukistyowati, Iesje
dc.date.accessioned 2013-05-21T04:30:52Z
dc.date.available 2013-05-21T04:30:52Z
dc.date.issued 2013-05-21
dc.identifier.other wahyu sari yeni
dc.identifier.uri http://repository.unri.ac.id:80/handle/123456789/3425
dc.description.abstract Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa FAPERIKA pada mata kuliah Manajemen Kesehatan Ikan dengan penerapan model pembelajaran langsung kooperatif melalui physical self asessment. Penelitian ini dilaksanakan di Jurusan Budidaya Perairan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Riau pada semester Genap Tahun Ajaran 2011/2012. Subjek penelitian adalah mahasiswa Jurusan Budidaya Perairan yang mengambil mata Manajemen Kesehatan Ikan yang berjumlah 54 orang (24 perempuan dan 20 laki-laki). Metode pembelajaran langsung (direct instruction) dirancang khusus untuk menunjang proses belajar mahasiswa yang berkaitan dengan pengetahuan deklaratif dan pengetahuan prosedural yang terstruktur dan dengan pola yang bertahap. Parameter penelitian yang diamati adalah keterampilan proses, hasil belajar mahasiswa, aktivitas belajar mahasiswa dan aktivitas dosen. Prosedur penelitian meliputi, tahap persiapan, tahap pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data keterampilan proses, hasil belajar (daya serap, ketuntasan belajar mahasiswa), aktivitas mahasiswa dan aktivitas dosen akan dihitung berdasarkan (Purwanto, 2007) dan dianalisa secara deskriptif. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan bahwa hasil daya serap mahasiswa mengalami peningkatan dari dari 75,44% (cukup) pada siklus I dan menjadi baik (85,55%) pada siklus II, ketuntasan mahasiswa juga mengalami peningkatan dari 81,04% pada siklus I dan 87,93% pada siklus II, aktivitas mahasiswa mengalami peningkatan dari kategori cukup (83,61%) pada siklus I, menjadi kategori baik (90,42%) pada siklus II. Dari hasil ioni dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran langsung melalui physical self assesment dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Manajemen Kesehatan Ikan. en_US
dc.description.provenance Submitted by wahyu sari yeni (ayoe32@ymail.com) on 2013-05-21T04:30:52Z No. of bitstreams: 10 cover.pdf: 1238198 bytes, checksum: 9c5d817ba34bb0b9aec44bdf024264a3 (MD5) DAFTAR ISI.pdf: 126699 bytes, checksum: 4bf5d9545eed9de90504e2b8b947931b (MD5) RINGKASAN.pdf: 125318 bytes, checksum: 2e27b2cdf95ff41e69f49010c8eb88f5 (MD5) BAB1.pdf: 165921 bytes, checksum: 8960008ecea4ef54c74658644179a291 (MD5) Bab2.pdf: 167862 bytes, checksum: 4c742427c82060a54589adc51eb64b5c (MD5) bab3.pdf: 175133 bytes, checksum: abcb799413d169ce4351c1fc34a5957a (MD5) bab4.pdf: 179762 bytes, checksum: cbcc51cfd105a85310098e7bf22eeee8 (MD5) bab5.pdf: 158120 bytes, checksum: a7e435f3191f025d9914f91de2b27484 (MD5) daftar pustaka.pdf: 141283 bytes, checksum: 76b0970465c95745c19224ea82838d3b (MD5) lampiran.pdf: 194474 bytes, checksum: f1bbf9a55b20cf25a56c32217640be26 (MD5) en
dc.description.provenance Made available in DSpace on 2013-05-21T04:30:52Z (GMT). No. of bitstreams: 10 cover.pdf: 1238198 bytes, checksum: 9c5d817ba34bb0b9aec44bdf024264a3 (MD5) DAFTAR ISI.pdf: 126699 bytes, checksum: 4bf5d9545eed9de90504e2b8b947931b (MD5) RINGKASAN.pdf: 125318 bytes, checksum: 2e27b2cdf95ff41e69f49010c8eb88f5 (MD5) BAB1.pdf: 165921 bytes, checksum: 8960008ecea4ef54c74658644179a291 (MD5) Bab2.pdf: 167862 bytes, checksum: 4c742427c82060a54589adc51eb64b5c (MD5) bab3.pdf: 175133 bytes, checksum: abcb799413d169ce4351c1fc34a5957a (MD5) bab4.pdf: 179762 bytes, checksum: cbcc51cfd105a85310098e7bf22eeee8 (MD5) bab5.pdf: 158120 bytes, checksum: a7e435f3191f025d9914f91de2b27484 (MD5) daftar pustaka.pdf: 141283 bytes, checksum: 76b0970465c95745c19224ea82838d3b (MD5) lampiran.pdf: 194474 bytes, checksum: f1bbf9a55b20cf25a56c32217640be26 (MD5) en
dc.language.iso en en_US
dc.subject Pembelajaran langsung en_US
dc.subject physical self assesment en_US
dc.subject aktivitas en_US
dc.subject Faperika en_US
dc.title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG MELALUI PHYSICAL SELF ASESSMENT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA FAPERIKA PADA MATA KULIAH MANAJEMEN KESEHATAN IKAN en_US
dc.type UR e-Research en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account