DSpace Repository

Pemetaan dan Pengembangan Mutu Pendidikan di Kabupaten Kepulauan Anambas Propinsi Kepulauan Riau

Show simple item record

dc.contributor.author Yustina
dc.contributor.author Gimin
dc.contributor.author Abdullah
dc.contributor.author Roza, Yenita
dc.contributor.author Fakhrudi
dc.contributor.author Auzar
dc.contributor.author Eliwarti
dc.contributor.author Ibrahim, Bedriati
dc.contributor.author Kamarudin
dc.date.accessioned 2012-10-30T02:12:38Z
dc.date.available 2012-10-30T02:12:38Z
dc.date.issued 2012-10-29
dc.identifier.other wahyu sari yeni
dc.identifier.uri http://repository.unri.ac.id:80/handle/123456789/322
dc.description.abstract Upaya meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia telah lama dilakukan, akan tetapi berbagai indikator mutu pendidikan masih belum terjadi peningkatan yang berarti. Ditinjau dari perolehan Ujian Nasional (UN) di Sekolah Menengah Atas (SMA) masih rendah dan tidak mengalami peningkatan yang berarti. Dari sisi perilaku keseharian siswa, juga banyak terjadi ketidakpuasan masyarakat. Dari dunia usaha muncul keluhan bahwa lulusan yang memasuki dunia kerja belum memiliki kesiapan kerja yang baik. Ketidakpuasan berjenjang juga terjadi, di kalangan Perguruan Tinggi merasa bekal lulusan SMA belum cukup untuk mengikuti perkuliahan. Fakta tersebut menunjukkan, upaya peningkatan pendidikan yang selama ini dilakukan belum mampu memecahkan masalah dasar pendidikan di Indonesia. Solusi atas permasalahan rendahnya mutu pendidikan tersebut perlu dicari bersama. Semua pihak perlu turut bertanggung jawab secara moral apa yang harus dilakukan dan terobosan apa yang harus dijalankan untuk dapat meningkatkan mutu pendidikan. Peran Lembaga Penyelenggara Tenaga Kependidikan (LPTK) sangat menentukan terhadap kualitas pendidikan, karena LPTK merupakan lembaga penghasil tenaga guru. Tujuan program penelitian ini adalah: (1) mengidentifikasi ketuntasan dan ketidaktuntasan Standar Kompetensi (SK) maupun Kompetensi Dasar (KD) siswa SMA di Kabupaten Kepulauan Anambas dalam menyelesaikan soal Ujian Nasional berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Tahun Pelajaran 2008/2009 - 2009/2010, (2) mengungkap peta kendala pendidikan dan faktor penyebabnya, dan (3) merumuskan model alternatif pemecahan masalah untuk meningkatkan kompetensi peserta didik terutama pada mata pelajaran UN di Kabupaten Kepulauan Anambas Propinsi Kepulauan Riau. Prosedur dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Survey of Enacted Curriculum (SEC) serta analisis yang digunakan yakni deskriptif-eksploratif. Hasil penelitian didapati kendala pendidikan di Kabupaten Kepulauan Anambas adalah guru mengampu mata pelajaran tidak sesuai dengan keahliannya, kurangnya sarana dan prasarana (laboratorium IPA, buku teks, listrik, IT), rendahnya keterampilan pengembangan pendidikan oleh pendidik dan rendahnya kualifikasi akademik Kepala Tenaga Kependidikan, beban mengajar guru yang terlalu banyak, geografis wilayah dan kondisi alam, serta budaya ketidakpedulian orang tua dalam pengawasan peserta didik. Kelemahannya adalah kualifikasi akademik pendidik dan tenaga kependidikan tidak sesuai dengan jumlah, keahlian dan tugas yang diembannya. Kurangnya kemampuan dan keterampilan pendidik dalam mempersiapkan, pelaksanaan, penilaian, dan merefleksi pembelajaran. Manajemen Kepala Sekolah kurang dalam supervisi, koordinasi intern (pendidik dan tenaga kependidikan) dan dengan komite sekolah. Solusi yang diajukan adalah tingkatkan kualifikasi, profesional dan keterampilan pendidik dan tenaga kependidikan serta keterampilan pendidik dalam pengembangan program pendidikan untuk siswa, lengkapi sarana dan prasarana sekolah. Tingkatkan peran dan profesional supervisi Kepala Sekolah. Implementasikan kerjasama guru dalam kegiatan (pelatihan, guru tutor, lesson study, penelitian bersama) dalam wadah MGMP, K3S dan komite sekolah untuk pemanfaatan silang (antar sekolah) pendidik sesuai keahliannya, selanjutnya model alternatif untuk peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Kepulauan Anambas dapat dilakukan kerjasama time work pendidik dalam wadah MGMP difasilitasi K3S dan mitra pendamping melalui Strategi KONSEP. en_US
dc.description.provenance Submitted by wahyu sari yeni (ayoe32@ymail.com) on 2012-10-30T02:12:38Z No. of bitstreams: 8 Cover PPMP.pdf: 19987 bytes, checksum: db7b4924e549d88791bb4ac0fc37ef37 (MD5) Substansi Laporan Penelitian.pdf: 12876 bytes, checksum: 270895ee863137e825e363b968426d9b (MD5) Daftar Isi, Gambar dan Tabel.pdf: 123360 bytes, checksum: 406ea94112019485e7de22dea6bdac9d (MD5) Abstrak PPMP.pdf: 12285 bytes, checksum: c3ea8072224a1692dcb3d692830344e5 (MD5) Bab I-III.pdf: 117801 bytes, checksum: 2ed5f23ae100644e9b260d6f2cb81143 (MD5) Bab IV.pdf: 2359918 bytes, checksum: cd09cdf77ef83f05b7df329e77552d47 (MD5) Bab V.pdf: 112551 bytes, checksum: 8096370df58849ff318472138181db0f (MD5) Daftar Pustaka.pdf: 15536 bytes, checksum: 96d506f93a0080ccd8c2f0831a0d4866 (MD5) en
dc.description.provenance Made available in DSpace on 2012-10-30T02:12:38Z (GMT). No. of bitstreams: 8 Cover PPMP.pdf: 19987 bytes, checksum: db7b4924e549d88791bb4ac0fc37ef37 (MD5) Substansi Laporan Penelitian.pdf: 12876 bytes, checksum: 270895ee863137e825e363b968426d9b (MD5) Daftar Isi, Gambar dan Tabel.pdf: 123360 bytes, checksum: 406ea94112019485e7de22dea6bdac9d (MD5) Abstrak PPMP.pdf: 12285 bytes, checksum: c3ea8072224a1692dcb3d692830344e5 (MD5) Bab I-III.pdf: 117801 bytes, checksum: 2ed5f23ae100644e9b260d6f2cb81143 (MD5) Bab IV.pdf: 2359918 bytes, checksum: cd09cdf77ef83f05b7df329e77552d47 (MD5) Bab V.pdf: 112551 bytes, checksum: 8096370df58849ff318472138181db0f (MD5) Daftar Pustaka.pdf: 15536 bytes, checksum: 96d506f93a0080ccd8c2f0831a0d4866 (MD5) en
dc.language.iso en en_US
dc.subject Standar Kompetensi Lulusan en_US
dc.subject Ujian Nasional en_US
dc.subject Peta Kompetensi en_US
dc.subject Strategi KONSEP en_US
dc.title Pemetaan dan Pengembangan Mutu Pendidikan di Kabupaten Kepulauan Anambas Propinsi Kepulauan Riau en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account