DSpace Repository

UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DASAR-DASAR AMDAL DENGAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISION (STAD)

Show simple item record

dc.contributor.author Siagian, Madju
dc.date.accessioned 2013-03-22T04:22:12Z
dc.date.available 2013-03-22T04:22:12Z
dc.date.issued 2013-03-22
dc.identifier.other wahyu sari yeni
dc.identifier.uri http://repository.unri.ac.id:80/handle/123456789/2674
dc.description.abstract Upaya peningkatan kemampuan pemahaman Oasar-Dasar Amdal dengan model STAD (STUOeWT TEAMS ACHtVEMENT OfVfSfON) m\ dA^aksanakan dengan adanva hibah penerapan model pembelaiaran inovatif yang betujuan datam peningkatan kualitas dan proses pembeiajaran di Universitas Riau, Pekanbaru. Proses belajar mengajar dengan model STAD ini dilaksanakan pada mahasiswa program studi Manajemen Sumiserdaya Perairan jurusan Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Perikanan dan llmu Kelautan, Universitas Riau. Mahasiswa yang merupakan sasaran dalam penerapan pembeiajaran model STAD ini adalah mahasiswa yang duduk pada senwster genap (semester (V) tahun akademis 2010/2011. Proses belajar mengajar dengan model STAD ini merupakan model pembeiajaran yang membagi peserta didik (mahasiswa) yang mengambil mata kuliah Dasar-Dasar Amdal sebanyak 57 orang yang dibagi daiam 6 keiompok (yaitu 3 teiompok , nnasing-masing sebanyak 9 orang, dan tiga kelompok lainnya, masing-masing sebanyak 10 orang). Pada proses pembeiajaran ini masing-masing kelompok melakukan diskusi dan membuat laporan kelompok masing-masing uotukdievaiuasi. Hasil pelaksanaan penerapan model pembeiajaran inovatif dengan model STAD menur»>ukkar) adanya penmgkatan kenwmpuan pemahaman mahasiswa yang mengambil mata kuliah Dasar-Dasar Amdal akan materi yang diberikan. Selanjutnya hasil dari pelaksanaan penerapan pembeiajaran model STAD ini menunjukkan bahwa skor nilai peserta didik (mahasiswa) berkisar dari 55 sampai dengan 87. Setelah dikeiompokkan berdasarkan niiai mutu yang berlaku di Universitas Riau, nilai mahasiswa tersebut mulai dari ketegori buruk hingga sangat balk. Dari 57 orarrg mahasiswa memenuhi standar kelulusan Ini yang memperoleh nllal C teblh banyak Jlka dJbandJngkan der^an nWal B dan njtej A, masing-masing 49>12%, 333% dan 14,04.%. Jika nilai ini dibandingkan dengan nilai sebelumnya menunjukkan adanya peningkatan dari nilai D ke nllal C, dari nllal C ke nilai B, dari nllal B ke nllal A dan tidak ditemukan mahaaswa yang ga^al. Mengingat jumlah mahasiswa yang mendapat kategori nilai cukup lebih banyak dibandingkan dengan kategori balk dan kategori sangat balk maka disarankan dalam pengelompokan mahasiswa agar jumlah setiap kelompok sebanyak 5-6 orang dan mencari model pembeiajaran yang lain sehingga kategori nilai cukup semakin berkurang dan kategori nllal balk dan sangat balk semakin meningkat. en_US
dc.description.provenance Submitted by wahyu sari yeni (ayoe32@ymail.com) on 2013-03-22T04:22:12Z No. of bitstreams: 11 cover1.PDF: 279018 bytes, checksum: 3d533d38c9d68d07fb1210f2a7f95f6c (MD5) pengesahan1.PDF: 486609 bytes, checksum: d5009f35a86e4de7da7743047e6affa1 (MD5) ringkasan1.PDF: 350935 bytes, checksum: 55fa23b2036ee6f1ddf3ec5d9db92bb4 (MD5) daftar_isi1.PDF: 206921 bytes, checksum: a8b3bc8ab1d7afbd91d9774a0c1b9735 (MD5) bab11.PDF: 857944 bytes, checksum: 638edb39f09a7bd1f3eb3de513cc8952 (MD5) bab21.PDF: 3270952 bytes, checksum: 2128d8f9d4f985a479674f2d93d60318 (MD5) bab31.PDF: 2521513 bytes, checksum: ed1ab8bf7f20ddb5969a0b6ccf518747 (MD5) bab41.PDF: 5443358 bytes, checksum: 89fcc7fa13b023ee3839093a77bb19f7 (MD5) bab51.PDF: 1125098 bytes, checksum: 7b593dfa3eff561a6ae506c30e281c55 (MD5) daftar pustaka1.PDF: 510140 bytes, checksum: 7d0b1b2c82406fb3882695733807109a (MD5) lampiran1.PDF: 6537558 bytes, checksum: acfc247c0761fcc77390c040190e5c4d (MD5) en
dc.description.provenance Made available in DSpace on 2013-03-22T04:22:12Z (GMT). No. of bitstreams: 11 cover1.PDF: 279018 bytes, checksum: 3d533d38c9d68d07fb1210f2a7f95f6c (MD5) pengesahan1.PDF: 486609 bytes, checksum: d5009f35a86e4de7da7743047e6affa1 (MD5) ringkasan1.PDF: 350935 bytes, checksum: 55fa23b2036ee6f1ddf3ec5d9db92bb4 (MD5) daftar_isi1.PDF: 206921 bytes, checksum: a8b3bc8ab1d7afbd91d9774a0c1b9735 (MD5) bab11.PDF: 857944 bytes, checksum: 638edb39f09a7bd1f3eb3de513cc8952 (MD5) bab21.PDF: 3270952 bytes, checksum: 2128d8f9d4f985a479674f2d93d60318 (MD5) bab31.PDF: 2521513 bytes, checksum: ed1ab8bf7f20ddb5969a0b6ccf518747 (MD5) bab41.PDF: 5443358 bytes, checksum: 89fcc7fa13b023ee3839093a77bb19f7 (MD5) bab51.PDF: 1125098 bytes, checksum: 7b593dfa3eff561a6ae506c30e281c55 (MD5) daftar pustaka1.PDF: 510140 bytes, checksum: 7d0b1b2c82406fb3882695733807109a (MD5) lampiran1.PDF: 6537558 bytes, checksum: acfc247c0761fcc77390c040190e5c4d (MD5) en
dc.language.iso en en_US
dc.title UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DASAR-DASAR AMDAL DENGAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISION (STAD) en_US
dc.type UR e-Research en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account