Abstract:
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar mahasiswa mengalami
peningkatan dari siklus I ke siklus II, hal ini dapat dilihat dari rerata nilai tes 1 siklus I
61,44 (cukup) dan siklus II menjadi 73,57 (baik). Adanya peningkatan nilai tes
tersebut dapat mengindikasikan bahwa pemahaman mahasiswa terhadap materi
perkuliahan semakin baik, hal ini disebabkan pembelajaran berkelompok meiatih
mahasiswa yang pandai membantu teman yang kurang pandai, saiing berbagi tugas
dan bekerja sama sehingga pembelajaran lebih berpusat pada siswa, siswa menjadi
lebih aktif dan mendapatkan banyak masukan melalui diskusi sehingga pemahaman
mahasiswa terhadap suatu konsep lebih baik dan bermakna, yang akhimya akan
bermuara kepada kenaikan hasil belajar. Menurut Ibrahim, dkk (2000) model
pembelajaran berkelompok (kooperatf) dikembangkan untuk mencapai 3 tujuan yaitu
hasil belajar akademik, penerimaan terhadap keragaman dan pengembangan
keterampilan sosial.