DSpace Repository

KONSEP PENDIDIKAN NILAI: MORAL DAN BUDI PEKERTI (Pendidikan Nilai dalam Pembentukan Moral dan Akhlak Bangsa)

Show simple item record

dc.contributor.author Hambali, Hambali
dc.date.accessioned 2022-01-02T12:43:36Z
dc.date.available 2022-01-02T12:43:36Z
dc.date.issued 2007-04-03
dc.identifier.issn 1907-5901
dc.identifier.uri https://repository.unri.ac.id/handle/123456789/10369
dc.description.abstract Perubahan nilai- nilai sosial yang terjadi di masyarakat adalah suatu keniscayaan sebagai akibat dan konsekuensi dari komunikasi-komunikasi global. Dinamika dan kecenderungan perubahan atau perkembangan prilaku sosial khususnya budi pekerti bangsa lebih mengarah pada kondisi negatif, dan sementara perkembangan kearah positif porsinya kecil, “Pendidikan budi pekerti itu sendiri lebih merupakan suatu sistem nilai yang menjadi pedoman prilaku peserta didik (siswa) di mana saja berada. Maka pelaksanaannyapun tidak akan berdiri sendiri dan berproses dalam satu institusi besar, yang oleh Ki Hajar Dewantara, dikatakan sebagai “Tri Pusat” Pendidikan keluarga, sekolah, dan masyarakat” (Fajar, Malik., 2002: 8). Budi pekerti, nilai, norma dan moral dalam istilah lain dinamakan juga akhlak. Pendidikan nilai mencakup kawasan budi pekerti, nilai, norma, dan moral. Moral bersumber pada kesadaran hidup yang berpusat pada alam pikiran (BP-7, 1993: 25). Bangsa atau Negara yang “besar” adalah Negara yang memiliki sumber daya manusia (SDM) atau generasi yang berkualitas, yakni SDM yang menguasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) dan Iman dan Taqwa (Imtaq), yaitu Bangsa yang memiliki budi pekerti yang luhur. Pembelajaran nilai, dapat dilakukan orang tua kepada anak melalui cerita atau mendongeng ketika anak-anak akan tidur. Materi/topik dongeng yang memaparkan tentang keteladanan seseorang tokoh dalam dongeng, atau materi tentang kepahlawanan seorang tokoh, dan topik dalam cerita “Dunia Binatang” yaknik seperti misalnya “Simba” Singa Putih yang baik-hati, dan “Hanoman” Si Kera Putih yang bijak dan bersahabat. Demikian juga dongeng/cerita lokal yang dapat di sampaikan kepada anak-anak. Metode seperti itu dinamakan juga n.Ach (need Achiavement Method) atau metode “virus” berprestasi. en_US
dc.description.provenance Submitted by Evi Susanti (repository@unri.ac.id) on 2022-01-02T12:43:36Z No. of bitstreams: 3 Cover.pdf: 460689 bytes, checksum: 58557ea667a6827ac802acea3b4a829d (MD5) Daftar isi.pdf: 432751 bytes, checksum: 839804c21b6f1f88445ccbf4870c51e3 (MD5) Hambali 2007.pdf: 4440048 bytes, checksum: 3343c74fe79759231f93be9ec56a5460 (MD5) en
dc.description.provenance Made available in DSpace on 2022-01-02T12:43:36Z (GMT). No. of bitstreams: 3 Cover.pdf: 460689 bytes, checksum: 58557ea667a6827ac802acea3b4a829d (MD5) Daftar isi.pdf: 432751 bytes, checksum: 839804c21b6f1f88445ccbf4870c51e3 (MD5) Hambali 2007.pdf: 4440048 bytes, checksum: 3343c74fe79759231f93be9ec56a5460 (MD5) Previous issue date: 2007-04-03 en
dc.description.sponsorship Program Studi PPKn. Fakultas Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Roau Pekanbaru en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Jurnal PPKN dan Hukum en_US
dc.relation.ispartofseries Vol 01;3
dc.subject Konsep Pendidikan Nilai en_US
dc.subject Budi Pekerti en_US
dc.subject Pembentukan Moral Bangsa. en_US
dc.title KONSEP PENDIDIKAN NILAI: MORAL DAN BUDI PEKERTI (Pendidikan Nilai dalam Pembentukan Moral dan Akhlak Bangsa) en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account