Yuanita, PutriSolfitri, TitiMusa2015-01-202015-01-202015-01-20978-979-1222-96-9wahyu sari yenihttp://repository.unri.ac.id/xmlui/handle/123456789/6618Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dimana tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan basil belajar matematika, sedangkan rumusan masalahnya adalah "Apakah Penerapan Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Sray Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dan juga memperbaiki Proses Pembelajaran Matematika Siswa Kolas VII, SMP Negeri 2 Kundur Kabupaten Karimun pada mated pokok Garis dan Sudut. Subjek Penelitian adalah siswa kelas VII, SMP Negeri 2 Kundur Kabupaten Karimun sebanyak 24 orang yang terdiri dari laki-laki sebanyak 13 orang dan perempuan sebanyak 11 orang dengan kemampuan akademik heterogen. Pelaksanaan penelitian ini terdiri atas 2 siklus dimana masing-masing siklus terdiri atas 3 kali pertemuan. Data yang dikumpulkan data basil belajar yang diperoleh dari Ulangan harian satu dan ulangan harian dua. Data untuk proses pembelajaran merupakan data aktifitas guru dan siswa yang diperoleh selama proses pembelajaran berlangsung. Analisis data yang digunakan adalah Analisis Deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatan basil belajar matematika. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan jumlah siswa yang mencapai KKM dimana pada skor dasar berjumlah 8 orang, Ulangan harian satu 19 orang dan Ulangan harian dua 20 orang.Demikian juga halnya dengan proses pembelajaran,secara umum terlihat aktifitas guru terlihat lebih balk dari sebelumnya, sedangkan aktifitas siswa terlihat dari pertemuan satu sampai pertemuan ke enam terjadi peningkatan kearah yang lebih balk.enPembelajaran Kooperatif TSTSHasil belajar matematikaProses PembelajaranPENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TWO STAY TWO SRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KUNDUR KABUPATEN KARIMUNUR-Proceedings