Marzuki, Corry Corazon2018-02-192018-02-192018-02-19978-979-792-552-9wahyu sari yenihttp://repository.unri.ac.id:8080/xmlui/handle/123456789/9211Dalam teori graf, pencarian lintasan tercepat yang hanya mempertimbangkan satu parameter dapat dilakukan dengan menggunakan algoritma Dijkstra, algoritma Bellman-Ford atau algoritma Floyd-Warshall, karena bobotnya berupa bilangan riil. Namun apabila kita harus memperhatikan beberapa parameter, maka bobotnya dapat dipandang sebagai bilangan fuzzy. Pada penelitian ini akan dibahas bagaimana proses pencarian lintasan tercepat pada suatu graf yang berbobot fuzzy menggunakan metode Tsukamoto dan algoritma Dijkstra. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa lintasan tercepat fuzzy dapat ditentukan dengan suatu algoritma yang merupakan hasil modifikasi dari algoritma Dijkstra, yaitu dengan memasukkan metode Tsukamoto ke dalam algoritma tersebut.enlintasan tercepat fuzzyalgoritma Dijkstrametode Tsukamotometode TsukamotoPencarian Lintasan Tercepat Fuzzy Menggunakan Metode Tsukamoto dan Algoritma DijkstraArticle