ArmisAriawan, Rezi2014-02-182014-02-182014-02-182087-6262wahyu sari yenihttps://repository.unri.ac.id/handle/123456789/5621Tujuarr dari penelitian ini adalah wuuk mengetahui pengaruh penerapan dari pernhelajuran kooperaiif dengan nzenggunakan pendekatan structural Three Stay One Siray (TSOS). Penditian ini adalah lindakan kelas yang dila-Lola:in dalarn riga labap. Subjek penelitian ini adalah siswa SLIP 22 Pekankaru. Fengurripulan data dengan nienggunakan teknik pengarnahVI daft latihan_ Pengarman aktur dilakukan unalisa narasi deskriptildan penelitian dari res pembelajaran akan dianallsa dengan kriteria itetunicayan minimum, analisa distribusi frekuensi dan analisa rata-rata. Basil dari penelitian ini untuk nrerianjukkan bahwa jumlah siswa yang mencapai titik minimum 65 pada skor dasar sehesar 40 9-6, pada siklus I sebesar 51.43 %. pada sikho 1I sebeā¢ar 65_71 dun pada siklus III sebesar 80 % Raw -rata pada skor dasar adalah 60 %. pada siklus I sebesar 65.66 P./6, pada siklus II sebesar 71 %. dan pada siklus III .sebesar 76.28 %. Berdavarkan penefirian dapat disimpufkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatff ripe Three stay One Stray (T.50.5") dapat meningkatkan basil belajar malematikaenThree Stay One Straypembelajaran maiernatikaPENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENDEKATAN STRUKTURAL THREE STAY ONE STRAY DALAM PEMBELAJARAN iviATENIATIKA Di SMPUR-Scientific Work Lecturer