Syafii, WanFauziah, Yuslim2014-04-142014-04-142014-04-14wahyu sari yenihttp://repository.unri.ac.id/xmlui/handle/123456789/6069Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap penerapan asesmen kineija pada mata kuliah Morfologi Tumbuhan. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun akademis 2011/2012. Populasi penelitian ini adaiah mahasiswa Pendidikan Biologi angkatan 2010 yang mengambil mata kuliah morfologi tumbuhan dan sampel penelitiannya adaiah 35 mahasiswa. Parameter penelitian ini adaiah respon mahasiswa terhadap penerapan asesmen kineija pada mata kuliah Morfologi Tumbuhan, alat pengumpul data berupa angket sebanyak 10 item pertanyaan, angket dibagikan kepada responden diakhir semester. Bentuk-bentuk tugas kinerja yang diterapkan pada mata kuliah ini berupa tugas membuat power point, membuat deskripsi bentuk hidup tumbuhan, menggambarkan objek serta presentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase mahasiswa yang menyatakan senang dan mendapat manfaat mengikuti perkuliahan Morfologi Tumbuhan dengan penerapan assesmen kinerja mencapai 100%, namun tugas kinerja yang diberikan oleh dosen terlalu banyak, yaitu ada 43.57% mahasiswa yang menyatakan tugas terlalu banyak dibandingkan dengan ketersediaan waktu untuk menyelesaikan tugas-tugas tersebut Hal ini menjadi penyebab beberapa mahasiswa merasa tugas yang diberikan oleh dosen memberatkan mereka, yaitu sebanyak 23,57% responden merasa tugas-tugas yang diberikan oleh dosen memberatkan mahasiswa. Dari hasil penelititian dapai disirnpulkan bahwa mahasiswa merasa senang dan mendapat manfaat mengikuti perkuliahan morfologi tumbuhan dengan penerpan assesmen kineija, walaupun masih ada yang berpendapat bahwa tugas assesmen kineija terlalu banyak dan memberatkan merekaenAsesmen kineijaMorfologi TumbuhanRespon mahasiswaRESPON MAHASISWA TERHADAP PENERAPAN ASESMEN KINERJA PADA MATA KULIAH MORFOLOGI TUMBUHANUR-Scientific Work Lecturer