Rery, R. UsmanAdrina, Fitri2014-06-262014-06-262014-06-26078-602-19531-0-5wahyu sari yenihttp://repository.unri.ac.id/xmlui/handle/123456789/6428Latar belakang dilaksanakan penelitian tindakan kelas ini adalah hasil belajar pada mata pelajaran kimia di kelas X.1 tidak sejalan dengan keaktifannya. Siswa cukup aktif bertanya di dalam kelas, namun hasil belajarnya belum memuaskan. Belum memuasnya hasil belajar ini diduga karena dalam pengerjaan latihan di kelas, siswa selalu tertumpu pada beberapa siswa. Dan siswa lain sekedar mencatat saja hasilnya tanpa dipahami sehingga apa yang telah dikerjakan akan hilang seketika. Tujuan penelitian tindakan ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan ketuntasan belajar siswa melalui penerapan pembelajaran kooperatif NHT dan TGT. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Keaktifan dan ketuntasan siswa yang diperoleh pada siklus I dan siklus II yaitu keaktifan siswa meningkat dari siklus I ke siklus II berturut-turut dari 64,14% (cukup) ke 72,14% (baik). Sedangkan ketuntasan belajar siswa tidak mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, berturut-turut menurut standar sekolah dan standar nasional yaitu dari 100% ke 80,65% dan 90,32% ke 74,19%. Meskipun ketuntasan belajar pada siklus II menurun namun penelitian tindakan kelas ini telah berhasil memperbaiki proses pembelajaran kimia di kelas X.1 MAN 2 MODEL Pekanbaru dibandingkan sebelum menerapkan pembelajaran kooperatif NHT dan TGT. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini bahwa penerapan pembelajaran kooperatif NHT dan TGT membuat siswa belajar lebih aktif dan senang/ tidak bosan belajarenPENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN TEAM GAMES TOURNAMENTS (TGT) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN DAYA HANTAR LISTRIK DAN REAKSI REDOKS DI KELAS X.1 MAN 2 MODEL PEKANBARUUR-Proceedings