ElizaEdwina, SusyMuwardi, Didi2015-08-042015-08-042015-08-04978-979-792-481-2wahyu sari yenihttp://repository.unri.ac.id/xmlui/handle/123456789/7426Penelitian sistem pemasaran karet di Desa Ujung Batu Timur Kabupaten Rokan Hulu bertujuan (1) mengetahui saluran/ pemasaran karet (2) menganalisis biaya, margin, keuntungan dan efisiensi pemasaran karet, (3) permasalahan yang dihadapi petani keret di desa Ujung Batu Timur Penelitian dilaksanakan pada bulan Juli sampai Desember 2012, Metode yang digunakan metode survey dengan pengambilan sampel secara purposive sampling (petani yang umur karet 20 – 22 tahun), diambil sampel sebanyak 25 orang petani, pengambilan sampel pedagang dilakukan metode snow ball sampling. Hasil penelitian terdapat 2 saluran distribusi pemasaran karet yaitu saluran pemasaran 1 dari petani ke pedagang pengumpul, pedagang besar dan ke pabrik, Saluran pemasaran 2 dari petani ke pedagang besar selanjutnya ke pabrik, Rata-rata biaya pemasaran 1 kilogram produksi karet pada saluaran 1 yaitu Rp 2.914,81 dan pada saluran 2 yaitu Rp. 2.082,44. Margin pemasaran saluran 1 sebesar Rp. 3.350 dan saluran 2 sebesar Rp. 2.400. Bagian yang diterima petani pada saluran 1 sebesar 75,19 % dan saluran 2 sebesar 82,22 % dan efisiensi pemasaran saluran 1 sebesar 21,59 %. dan saluran 2 sebesar 15,43 % artinya saluran 2 lebih efisien dari pada saluran 1. Permasalahan yang dihadapi petani karet cukup komplek, fluktuasi harga jual karet, kualitas produksi yang masih rendah, fasiltas pemasaran yang kurang memadai, KUD yang berfungsi lagi.enPemasarankaretefisiensi pemasaranpatron clientSistem Pemasaran Karet Di Desa Ujung Batu Timur Kabupaten Rokan HuluUR-Proceedings