Rosmawati, Rosmawati2018-01-022018-01-022017-12-20978-979-792-770-7wahyu sari yenihttp://repository.unri.ac.id:8080/xmlui/handle/123456789/9103Proses pembelajaran adalah merupakan salah satu strategi untuk mentransfer pengetahuan (kebudayaan) dari guru ke sipembelajar. Untuk itu guru yang profesional berusaha mengemas materi pembelajaran sebaik mungkin agar apa yang diajarkan atau disampaikan kepada peserta didik dapat dikuasai secara maksimal oleh peserta didik. Namun kenyataan yang terjadi pada diri peserta didik, tidak seluruh materi yang disampaikan guru tersebut dapat dikuasai oleh peserta didik. Penguasaan terhadap bahan yang disampaikan oleh guru tersebut berbeda-beda antara peserta didik yang satu dengan yang lain, ada yang berkisar 75% - 100%, 50% – 75%, 25% -50% bahkan ada yang berkisar hanya 0% - 25% dari materi yang disampaikan. Perbedaan penguasaan materi tersebut berbeda secara individual tergantung pada faktor-faktor yang mempengaruhinya (faktor-faktor yang mempengaruhi tersebut akan dibahas dalam bab tersendiri).enBIMBINGAN KONSELING BELAJARBook