Syech, RiadSurbakti, Anthonius2015-04-072015-04-072015-04-07Dodyhttp://repository.unri.ac.id/xmlui/handle/123456789/6922Telah dilakukan kegiatan penelitian terhadap perbaikan pembelajaran Mata Kiiliah Teori Pengukuran. Kegiatan ini dilakukan terhadap mahasiswa jurusan Fisika FMIPA UNRI yang yang mengambil mata kuliah Teori Pengukuran semester ganjil Tahun Ajaran 1999/2000 yang berjimilah 1 orang, dilaksanakan pada bulan September - Desember 1999. Sebagai pembanding adalah mahasiswa yang telah mengambil mata kuUah Teori Pengukuran semester ganjil Tahun Ajaran 1998/1999. Evaluasi terhadap kegiatan perkuliahan tersebut berdasarkan komponen yaitu : pekerjaan rumah yang diberikan setiap selesai bab pembahasan, quis yang diberikan setiap minggu, ujian pertengalian semester dan ujian semester. Evaluasi akhir menggunakan ketentuan : PR = 10 % , Quiz = 15 % , Mid Semester = 25 9b dan Ujian Semester = 50 %, serta kriteria penilaian yang digunakan adalah : x > 80 = A, 70 < .X < 80 = B, 55 < -x < 70 = C, 40 > X < 55 = D dan x < 40 = E. Hasil akhir nilai rata-rata mahasiswa Teori Pengukuran Tahun Ajaran 1999'2000 adalah 75. Berdasarkan pengelompokan nilai menurut sistem huruf,- diperoleh parsentase yaitu : Nilai B = 100 % dan nilai A, nilai C, nilai D dan nilai E = 0 % (tidak ada). Sebagai pembanding dari hasil kegiatan perbaikan mengajar ini, diambil nilai mahasiswa yang telah mengikuti mata kuliah Teori Pengukoiran semester ganjil Tahim Ajaran 1998T999. Parsentase perolehan nilai mahasiswa tersebut dengan kriteria penilaian yang sama dengan nilai mata kuliah Teori Pengukuran semester ganjil Tahun Ajaran 19992000 diperoleh nilai A - 22 % (2 orang), nilai B = 22 % (2 orang), nilai C = 56 % (5 orang) dan nilai D serta nilai E = 0 °-o (tidak ada), dengan nilai rata-rata mahasiswa 68,89 ± 9,88. Jika dibanding tingkat keberhasilan penguasaan materi perkuliahan antara kedua kelompok mahasiswa tersebut jika diuji secara statistik berdasarkan perbandingan nilai rata-rata dan standar deviasi ( uji-t tidak dapat dilakukan karena populasi sama dengan sampel ) dan dari prasentase perolehan nilai, terdapat perbedaan yang cukup berarti. kaiena yang mengambil mata kuliah Teori Pengukuran ini hanya satu orang dan tingkat keberhasilan penguasaan materi tidak dapat dibandingkanTeori PengukuranLaporan Hasil Perbaikan Proses Pembelajaran Perbaikan Proses Pembelajaran Matakuliah Teori PengukuranUR e-Research