INDRIANI, WAHYU2013-02-252013-02-252013-02-25wahyu sari yenihttp://repository.unri.ac.id:80/handle/123456789/2327Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecepatan membaca sekaligus meningkatkan pemahaman siswa terhadap suatu bacaan. Untuk mencapai tujuan tersebut, metode yang digunakan adalah Balom Kasim Mima. Balom adalah metode membaca melompat, yaitu salah satu metode membaca cepat melaiui gerak mata, digunakan untuk meningkatkan kecepatan membaca siswa yang pada umumnya masih rendah. Kasim meaipakan singkatan dari Kartu ^dik Simba (Kartu yang dilengkapi dengan pertanyaan 5W+1H yang disingkat dengan adik simba), digunakan untuk membantu siswa dalam mengingat kembali infonnasi dari bacaan. Sedangkan Mima adalah singkatan dari Mind Map yang merupakan salah satu metode bagaimana siswa t}isa menuangkan semua informasi yang diperoleh dari bacaan ke dalam skema dan gambar-gambar yang bisa memuat peta pikiran. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam tiga siklus, setiap siklus dilaksanakan dalam dua minggu. Pengumpulan data diambil melaiui lembar observasi: yang dilakukan siswa terhadap pasangan bacanya; juga a^^ggota peneliti, tertiadap siswa maupun guru pelaksana tindakan. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan bahwa teqadi peningkatan yang signifikan teitiadap kecepatan membaca siswa kelas VII.5 SMPN 10 Pekanbaru dengan menggunakan metode Balom Kasim Mima. Dari data yang diperoleh melaiui lembar observasi, terjadi kenaikan. Di siklus I, dari 43 siswa, yang tuntas mendapat nilai 60 ke atas semula hanya sebanyak 3 orang, meningkat menjadi 16 orang di siklus II dan 38 orang di siklus III, yang jika diprosentasekan: siklus I tuntas 7%, siklus II tuntas 39%, dan siklus III tuntas 95%.enBalomKasimadik simbamembaca cepatMimaMind MapPENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT MELALUI METODE BALOM KASIM MIMA TERHADAP SISWA KELAS VII.5 SMP NEGER110 PEKANBARU PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIAUR e-Research