ArnentisWulandari, SriDarmawati2013-04-182013-04-182013-04-18wahyu sari yenihttp://repository.unri.ac.id:80/handle/123456789/2928Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa yang mengambil matakuhah Metoda Teknik Laboratorium terhadap pengelolaan laboratorium untuk arah pengembangan laboratorium biologi di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Riau. Sampel pada penelitian ini sebanyak 100 orang. Adapun parameter yang digunakan adaiah persepsi mahasiswa dengan 6 indikator yaitu perencanaan, penataan, administrasi,pengamanan, perawatan dan pengawasan. Untuk mengetahui persepsi mahasiswa digunakan angket tertutup. Flasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap pengelolaan laboratorium pendidikan biologi FKIP UR pada indikator perencanaan memiliki kategori baik dengan rerata 4,10 indikator penataan memiliki kategori cukup baik dengan rerata 3,45, indikator adminislrasi memiliki kategori cukup baik dengan rerata 3,45, indikator pengamanan memiliki kategori cukup baik dengan rerata 2,99, indikator perawatan memiliki kategori baik dengan rerata 4,06 dan indikator pengawasan memiliki kategori baik dengan rerata 3,88. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa persepsi mahasiswa yang mengambil matakuliah metoda teknik laboratorium terhadap pengelolaan laboratorium untuk arah pengembangan laboratorium biologi di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Riau adaiah cukup baik dengan rerata 3,67.enPersepsiPengelolaanLaboratoriumOptimalisasi Pengembangan Laboratorium Pendidikan Biologi FKIP Universitas RiauUR e-Research