Zulfaneti, ZulfanetiFebriana, RinaFauzan, AhmadArmiati, Armiati2018-02-212018-02-212018-02-21978-979-792-552-9wahyu sari yenihttp://repository.unri.ac.id:8080/xmlui/handle/123456789/9230Penelitian ini merupakan penelitian lanjutan. Hasil sebelumnya menyimpulkan bahwa prototipe buku kerja sudah sangat valid meskipun masih ada beberapa revisi. Penelitian bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan praktikalitas dan efektifitas buku kerja yang telah dikembangkan pada uji coba lapangan. Uji coba pertama dilakukan dengan teknik one to one, uji coba kedua dilakukan pada small group mahasiswa dan uji coba ketiga dilakukan pada kelompok mahasiswa yang sedang melaksanakan perkuliahan Kalkulus. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara, dan lembar observasi, yang dianalisis dengan teknik deskriptif. Hasil uji coba one to one terhadap 6 mahasiswa pengguna hanya ada 2 yang mampu menangkap maksud dari setiap uraian kegiatan dan mampu menuliskan setiap kegiatan pada Buku Kerja, ada 2 yang menangkap maksud namun memerlukan bimbingan, dan 2 yang mampu mengisi namun tidak termotivasi untuk membaca secara detail sehingga isian kegiatan banyak yang salah. Hasil ini djadikan landasan untuk merevisi. Hasil uji lapangan berikutnya pada 24 mahasiswa, juga ditemukan tidak semua mahasiswa yang termotivasi dan mampu melakukan aktivitas belajar, Meskipun demikian, sebagian besar mahasiswa mengalami perubahan hasil belajar yang signifikan, dan sudah banyak yang mampu mengikuti setiap uraian dan petunjuk pengerjaan. Secara teori, dapat disimpulkan bahwa buku kerja yang dikembangkan sudah dengan prinsip penemuan terbimbing. yaitu melalui (1) perumuskan masalah berdasarkan data secukupnya, (2) menyusun, memproses, mengorganisir, dan manganalisis data tersebut, (3) menyusun konjektur, (4) pemeriksaan konjektur, dan (5) kepastian kebenaran penemuan.enBuku kerjapenemuan terbimbingpraktikalitasAnalisis Kepraktisan dan Efektivitas Buku Kerja Kalkulus Berbasis Penemuan Terbimbing sebagai Produk Pengembangan Ditinjau dari Proses Keterpakaian, Kegiatan Belajar dan TeoriArticle