Sinaga, MangaturCharlina2014-06-262014-06-262014-06-26wahyu sari yeni078-602-19531-0-5http://repository.unri.ac.id/xmlui/handle/123456789/6439Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Bahasa Indonesia sebagai acuan pembentukan karakter peserta didik, peran bahasa Indonesia sebagai pembentuk karakter peserta didik, dan peran guru mengintrepretasi dan mengapresiasi teks KTSP dalam pembentukan karakter peserta didik. Teks KTSP ditelusuri dalam bentuk Kompetensi Dasar yang menguatkan pandangan bahwa muatan KTSP sesuangguhnya dapat dimanfaatkan sebagai pembentuk karakter peserta didik ke arah karakter positif sesuai dengan Pancasila dan terlebih lagi tujuan pendidikan nasional. Berkaitan dengan KTSP, pendidikan bahasa Indonesia pun dapat diarahkan sebagai pembentuk karakter peserta didik. Pemanfaatan pendidikan bahasa Indonesia tersebut bergantung pada kreativitas guru bahasa Indonesia mengaitkan bahasa sebagai produk pemikiran dan perasaan manusia. Selanjutnya, keterkaitan pendidikan bahasa Indonesia dengan penguatan dan pendidikan karakter peserta didik bergantung pada kekuatan interpretasi dan apresiasi guru bahasa Indonesia terhadap isi Kompetensi Dasar bahasa Indonesia.enPEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK SEBAGAI MASYARAKAT MULTIKULTURAL MELALUI PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA (Sebuah Kajian terhadap KTSP Bahasa Indonesia SMA)UR-Proceedings