Armis2013-02-252013-02-252013-02-25wahyu sari yenihttp://repository.unri.ac.id:80/handle/123456789/2341Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Persamaan Diferensial, dengan mengaplikasikan pendekatan kontruktivisme dalam pembelajaran, serta menjaring pendapat mahasiswa tentang pelaksanaan pembelajaran. Penelitian dilaksanakan sebanyak tiga siklus. Data aktifitas mahasiswa diperoleh melalui lembar pengamatan, data hasil belajar mahasiswa diperoleh dengan malakukan tes, dan data pendapat mahasiswa diperoleh dengan menggunakan angket dan lembar kesan-pesan. Dari hasil pengamatan diperoleh informasi bahwa aktifitas mahasiswa semakin baik dengan diterapkan pendekatan konstruktivisme. Dari hasil angket dan lembar kesanpesan diperolah fixkta bahwa mahasiswa menanggapi sangat positif pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan konstruktivisme, dan menyatakan bahwa pelaksanaan pembelajaran oleh dosen dikategorikan baik Pendekatan konstruktivisme juga dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Persamaan DiferensienPendekatan Konstruktivismehasil belajrPENERAPAN PENDEKATAN KONTRUKTIVISME DALAM PEMBELAJARAN PERSAMAAN DIFERENSIAL PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA PMIPA FKIP UNRIstudent Paper Post Degree