Natalina, MarianiSuryawati, EviSusanti, Susi2014-02-222014-02-222014-02-22978-602-9115-23-9wahyu sari yenihttps://repository.unri.ac.id/handle/123456789/5668Telah dilakukan penelitian untuk melihat profill sklii mahasiswa pada mata kuliah pengembangan program Pembeljaran Biologi pada tahun Akadmis 2010/2011, pada bulan Maret sampai juni 2011. Sampel total penelitian ini seluruh mahasiswayang mengambil mata kuliah pengembangan programpembelajaran biolgi berjumlah 43 orang (40 orang perempuan dan 3 orang laki-laki). Parameter dalam penelitian ini adalh soft skill dengan indicator yaitu kreatif, kepercayaan diri, mandiri, motivasi, berikir kritis, manajemen waktu dan kerjasama tim. Instrument yang digunakan yaitu penilaian soft skill berdasarkan proses menggunakan ketujugh indicator soft skill dan penilaian untuk kerja menggunakan 2 indikator dari ketujuh indikatorsoft skill. Hasil penelitian soft skill berdasarkan proses dengan persentase rata-rata 67.26% (cukup) Pada proses RPP dan LKS rata-rata 65.41% (cukup), pada pembelajaran mikro rata-rata 62.94% (cukup), pada proses mempresentasikan media rata-rata 75.29%(baik)dari ketujuhindikator soft skill tersebut.indikator yang paling tinggi ialah indicator kerjasam tim dengan rata0rata 88 % (bail sekali) sedangkan indicator yang paling rendah ialah berfikir kritis 68% (cukup), LKS 62.8% (cukup) media pembelajran 85.79% ( baik sekali), bahan ajar 85.40% (baik sekali) Dari dua indicator soft skill yang paling tinggi persentase adalah indicator berfikir kritis rata-rata 74.19% (cukup)sedangkan indicator terendah indicator kreatif 7326% (cukup). Secara keseluruahan profil soft skill mahasiswa berdasarkan proses dan penilaian untuk kerja pada mata kuliah pengembangan program pembelajaran persentase reata 7049% dengan kategori cukupensoft skillprogram pembelajaranPROFIL SOFT SKILL MAHASISWA PADA MATA KULIAH PENEGMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN BIOLOGI TAHUN AKADEMIS 2010/2011UR-Scientific Work Lecturer