GiminHaryana, GaniKartikowati2017-10-122017-10-122017-10-12978-979-602-8580-67-0wahyu sari yenihttp://repository.unri.ac.id:8080/xmlui/handle/123456789/8999Dalam mata kuliah "sejarah teori ekonomi", banyak aliran yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah ekonomi dengan alasan masing-masing. Oleh karena itu agar mata kuliah ini berhasil, mahasiswa harus diarahkan memiliki Aktivitas oral yang tinggi. Disisi lain, penomena memperlihatkan rendahnya aktivitas oral mahasiswa di Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Riau. Sehubungan dengan kondisi tersebut, penelitian ini diaksudkan untuk mengetahui "Apakah penggunaan model pembelajaran "every one is a teacher here" dapat meningkatkan Aktivitas oral mahasiswa yang mengikuti kuliah sejarah teori ekonomi. Penelitian dilakukan pada perkuliahan Sejarah Teori Ekonomi tahun ajaran 2013/2014, menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas sebanyak 3 siklus. Data dua variable penelitian ini dikumpulkan menggunakan lembar observasi dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif berupa tabel dan grafik. Hasil penelitian menyimpulkan Aktivitas oral mahasiswa selama 3siklus meningkat masing-masing sebesar 31,11%, 38,89%, dan 42,78% dari skor idealnya. Kondisi ini ternyata seiring dengan perkembangan skor penerapan model pembelajaran “every one is a teacher here” yang dilakukan oleh dosen, masing-masing sebesar 72,22%, 86,22%, dan 88,89% dari skor idealnya. Kondisi meningkatnya skor kedua variabel yang seiring menunjukkan penggunaan model pembelajaran "every one is a teacher here" yang baik dapat meningkatkan Aktivitas oral mahasiswa.enModel PembelajaranEvery one is a teacher hereAktivitas lisanPenggunaan Model Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here Untuk Meningkatkan Aktivitas Oral Mahasiswa Pada Perkuliahan Sejarah Teori EkonomiArticle