Hutauruk, Ronald Mangasi2014-02-042014-02-042014-02-04979-545-02-70-1wahyu sari yenihttps://repository.unri.ac.id/handle/123456789/5478Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan desain hull form terbaik bila ditinjau dari segi tahanan dan analisis CFD. Hull form divariasi menjadi tiga bentuk yaitu, hull form berbentuk hard chine awal, hard chine hasil optimasi dan round bilge hasil optimasi melalui pertimbangan teknis dan safety. Dengan melakukan optimasi mengacu ukuran utama awal, diperoleh hasil tahanan terkecil pada hull form berbentuk round bilge hasil optimasi dengan besar 30,521 kN dengan persentase 84% di banding dengan desain awal. Dari analisis CFD, disimpulkan bahwa hull form bentuk round bilge optimal mempunyai tinggi gelombang yang lebih rendah di sekeliling kapal dan juga tinggi gelombang di belakang lambung yang relative kecil dibandingkan jenis kapal lainnya.enhull formCFDtahanantinggi gelombangAnalisa CFD Kapal Passenger-Logistic Carrier dengan Variasi Hull FormUR-Scientific Work Lecturer