Roza, YenitaSolfitri, TitiSiregar, Sarifah Nur2014-04-122014-04-122014-04-122087-6262wahyu sari yenihttp://repository.unri.ac.id/xmlui/handle/123456789/6060Pendidikan karakter melctlui sekolah, tidak senzata-nzata pemberian pengetahuctn, tetapi penancunan moral, nilai-nilai etika, estetika, budi pekerti yang luhur. Salah satu budaya yang berkembang di masyarakat dan scmgat dekat dengan peserta didik adalah permainan (rakyat). Biasanya permainan rakyat menggunakcm alat-alat yang masih sederhana yang mudah diperoleh dan ada di sekitar masyarakat setempctt. Hal ini sangat sesuai dengan pendidikan matematika realistik Indonesia yang menggagaskan bahwa pembelajaran matematika hares merupakan `realitas' yang dekat dengan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk melctkukan analisis pemikiran matematika dan kandungan nilai karakter pada permainan congkak yang dapat digunakan &dam pembelajaran matematika. Penelitian inidimulai dengan mengamati permainan congkak secara teliti yang dimainkan oleh peserta didik sekolah SD 018 Teluk Kenidai Kabupaten Kampar. Hasil pengcunatan dijadikan dasar untuk melakukan analisis petnikiran matematika dan kandungan nilai karakter dalanz permainan congkak -. Hasil analisis menunjukan permainan congkak dapat digunakan untuk pengembangcm karakter dalanz pembelajaran matematika realistik untuk topik aritmatika di kelas 2,3 dan 4 sekolah dasar.enpermainan congkakpendidikan karakter bangsapembelajaran matematika realisticANALISIS PEMIKIRAN MATEMATIKA DALAM PERMAINAN CONGKAKUNTUK PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIKUR-Scientific Work Lecturer