Holiwarni, Betty2014-05-202014-05-202014-05-20978-602-9115-23-9wahyu sari yenihttp://repository.unri.ac.id/xmlui/handle/123456789/6204Berdasarkan hasil diskusi dengan guru-guru sains dan observasi yang kami lakukan terhadap siswa kelas IV SDN 016 Pekanbaru Kota path bulan Januari 2011, diperoleh informasi bahwa masalah utama pada pelajaran sains di sekolah ini adalah siswanya kurang aktif dan penguasaan materinya rendah, oleh karena itu, kami mencoba menyelesaikan masalah ini dengan penelitian tindakan kelas. Beberapa penelitian menunjulckan bahwa model pernbelajaran tebak kata telah banyak menyelesaikan masalah seperti di SDN 016 Pekan Baru Kota, oleh karena itu model pembelajaran tebak kata diterapkan di sekolah ini. Penelitian dilakukan selama 4 bulan, mulai dad bulan April sampai dengan Juli 2011. Disain penelitian ini mengikuti model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan dan penguasaan mated siswa kelas IV SDN 016 Pekanbaru Kota pada mata pelajaran sains meningkat dengan penerapan model pembelajaran tebak kataenmodel pernbelajaran tebak kataaktifitaspenguasaan materiPENINGKATAN ICEAKTIFAN SISWA SDN 016 PEKANBARU KOTA DAN PENGUASAAN MATERI DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEBAK KATA PADA MATA PELAJARAN SAINSUR-Scientific Work Lecturer