Wijayanto, GatotNursanti, AidaRahmi, Zainar2012-12-082012-12-082012-12-07wahyu sari yenihttp://hdl.handle.net/123456789/969Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor strategi bauran pemasaran yang terdiri dari faktor produk, harga, promoasi dan tempat/distribusi terhadap keputusan konsumen dalam membeli produk pelumas Mesran Prima X P pada Pertamina Cabang Pekanbaru, baik secara simultan (serentak) maupun parsial dan untuk mengetahui faktor strategi bauran pemasaran yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan konsumen dalam membeli produk pelumas tersebut. Dengan mengambil sampel sebanyak 74 responden dari keseluruhan konsumen yang berminat membeli produk pelumas Mesran Prima X P yang ada pada Pertamina Cabang Pekanbaru sebanyak 197 orang sebagai populasinya dan menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara serentak faktor-faktor pelaksanaan bauran pemasaran berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan konsumen dalam membeli produk pelumas Mesran Prima X P pada Pertamina Cabang Pekanbaru. Hal ini ditunjukan dari nilai F h i t u n g lebih besar dari F t a b e i (F h i t u n g = 86,321 > F t a b e i = 2,505). Besamya pengaruh yang disumbangkan oleh faktor-faktor pelaksanaan bauran pemasaran berpengaruh secara simultan terhadap keputusan konsumen dalam membeli produk pelumas Mesran Prima X P pada Pertamina Cabang Pekanbaru (koefisien determinasi) = besarnya adalah 83,34%. Uji secara parsial menunjukkan bahwa nilai t hitung terbesar terdapat pada variabel harga (X2), yakni t hitung = 3,710 > t tabei = 1,667, dengan nilai r^ = 0,1663 (16,63%) dan p = 0,00042. Hasil ini menunjukan bahwa faktor harga mempunyai pengaruh yang dominan (signifikan) terhadap keputusan konsumen dalam membeli produk pelumas Mesran Prima X P pada Pertamina Cabang Pekanbaru.enANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMBELI PELUMAS MESRAN "PRIMA XP" PADA PERTAMINA CABANG PEKANBARUArticle