Holiwarni, Betty2014-05-202014-05-202014-05-20wahyu sari yenihttp://repository.unri.ac.id/xmlui/handle/123456789/6201Penelitian pegembangan ini, di latar belakangi karena tidak tersedianya perangkat pembelajaran kimia SMA untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai tuntutan kurikulum. Penelitian ini dilaksanakan selama tiga tahun dengan tujuan mengembangkan perangkat pembelajaran berorientasi pendekatan inkuiri yang valid, praktis, dan efektif untuk pembelajaran kimia di kelas XI SMA. Penelitian pada tahun pertama difokuskan untuk merancang prototipe perangkat pembelajaran yang valid. Metode penelitian yang digunakan adalah development research yang terdiri dari empat tahap, yaitu tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan pendesiminasian. Prototipe perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan divalidasi oleh dua orang guru kimia SMA dan satu orang dosen pendidikan kimia, dan terakhir didiskusikan dengan pakar pendidikan dan pengembangan perangkat pembelajaran. Hasil validasi menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dari segi isi dan konstrukenPENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERORIENTASI PENDEKATAN INKUIRI UNTUK PEMBELAJARAN KJMIA DI SMAUR-Proceedings