Siagian, Madju2013-03-202013-03-202013-03-20wahyu sari yenihttp://repository.unri.ac.id:80/handle/123456789/2633Penelitian Tindakan Kelas Ini berupaya untuk meningkatkan kemampuan pemahaman Ekologi Peralran dengan menerapkan pembelajaran kooperatif model STAD {Student Teamns Achievement Devision). Mahasiswa yang menjadi subjek penelitian adalah mahasiswa semester genap tahun ajaran 2010 - 20^11 dan mal^iswa senKister genap tahun aj^an 2009-2010 yang b^masalah dalam nilai (nilai D dan nilai E) sehingga dibuat dalam satu kelas pada semester pendek pada tahun ajaran 2011-2012. Sebelum menerapkan pembelajaran kooperatif model STAD [Student Teams Achievement Devision), mahasiswa yang menjadi subjek terlebih dulu dilakukan pre test. Hasil pre test menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman mahasiswa mengenai Ekologi Perairan masih rendah. Jika nilai perolehan mahasiswa dikonversikan kepada peraturan akademik UNRI, sekitar 11.4 % mahasiswa yang memperoleh nilai cukup (C), 45.7 % yang memperoleb nilai kurang (D), 42.9 % mahasiswa yang gagal (E), dan tidak ada mahasiswa yang memperoleh nilai sangat baik (A) dan baik (B). Setelah penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam dua siklus, menunjukkan pengaruh ymig sangat nyata terhadap perolehan nilai mahasiswa. Persentase mahasiswa yang memperoleh nilai sangat baik (A) sebanyak 20.01 %, kategori baik (B) 32.85 %, kategori cukup (C) sebanyak 28.57 %, kategori kurang (K) sebanyak 8.57 % dan yang termasuk kategori gagal (E) sebanyak 10 %.. Dari data basil belajar tersebut disimpulan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model STAD (Student Teams Achievement Devision), pada proses belajar mengajar Ekologi Perairan layak untuk diterapkan.enPeningkatan Kemampuan Pemahaman Ekologi Perairan dengan Model Student Teams Achievement Devision (STAD) di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Riau, PekanbaruUR e-Research