Weddy. V. F, Ingrid2016-07-152016-07-152016-07-15978-979-792-675-5http://repository.unri.ac.id/xmlui/handle/123456789/8459Permasalahan lingkungan hidup saat ini yang secara tidak langsung diakibatkan oleh aktivitas ekonomi, muncul kesadaran di tengah masyarakat akan pelestarian lingkungan. Salah satu fenomena yang memperlihatkan hal tersebut adalah kehadiran produk ramah lingkungan. Di Indonesia sendiri, produk ramah lingkungan ini belum begitu dikenal oleh konsumen. Walaupun demikian, terdapat beberapa produk ramah lingkungan yang diterima dengan baik oleh pasar Indonesia seperti produk The Body Shop. Pemasaran produk ramah lingkungan di Indonesia belum mencapai jumlah yang signifikan. Kecilnya nilai pasar produk kosmetik ini di Indonesia salah satu sebabnya adalah masih rendahnya kesadaran masyarakat Indonesia akan penggunaan kosmetik yang ramah lingkungan. Kesadaran konsumen Indonesia yang relatif rendah terhadap produk ini mengakibatkan dampak secara simultan terhadap rendahnya pengetahuan (knowledge) konsumen tentang kosmetika ramah lingkungan sehingga menyebabkan masih banyaknya penggunaan kosmetik yang tidak ramah lingkungan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah, (1). Untuk menganalisis pengetahuan konsumen tentang kosmetik yang berwawasan lingkungan, (2). Untuk menganalisis karakteristik konsumen pengguna kosmetik ramah lingkungan, (3). Untuk menganalisis komposisi kosmetika produk the body shop Jenis penelitian yang dipergunakan adalah deskriptif analitis. Pengolahan dan analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Secara kualitatif, analisis data dilakukan dengan cara mendeskripsikan dan menginterpretasikan data yang diperoleh. Populasi dan sampel penelitian adalah konsumen the Body Shop, sebanyak 30 orang yang dipilih dengan cara Random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui : (a)Tes pengetahuan digunakan untuk pengetahuan konsumen tentang kosmetik yang berwawasan lingkungan , (b)Kuisioner digunakan untuk mengetahui karakteristik konsumen. Hasil penelitian mendapatkan kesimpulan bahwa (1)Masih minimnya pengetahuan konsumen terhadap kosmetik ramah lingkungan, (2)Konsumen cenderung membeli produk berdasarkan harga yang murah dan (3)Komposisi di dalam produk The Body Shop ramah lingkungan.en-USKosmetik ramah LingkunganPengetahuan KonsumenPENGGUNAAN KOSMETIK RAMAH LINGKUNGAN DALAM MEWUJUDKAN PERILAKU KESADARAN LINGKUNGANUR-Proceedings