RosmainiYusuf, Yustini2015-07-072015-07-072015-07-07Dodyhttp://repository.unri.ac.id/xmlui/handle/123456789/7298Telah dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa semester I dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TSTS pada mata kuliah Biologi Dasar. Penelitian ini dilaksanakan dari April sampai dengan November 2007. Sebagai subjek penelitian adalah mahasiswa Semester I Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UNRI T.A 2007/2008 dengan jumiah mahasiswa 48 orang yang terdiri dari 6 orang laki-laki dan 42 orang wanita. Dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Parameter yang diukur adalah aktivitas dan hasil belajar Biologi Dasar mahasiswa. Data dianalisa dengan analisa deskriftif. Rata-rata aktivitas belajar mahasiswa pada siklus I adalah 86.85% dengan kategori baik mcningkat menjadi 90.78% dengan kategori baik pada siklus II. Rata-rata aktivitas dosen dalam PBM pada siklus I yaitu 83,33 % (Baik) dan pada siklus II yaitu 100 % (Baik Sekali). Rata-rata daya scrap mahasiswa pada siklus I adalah 71,54 (Baik) dan pada siklus II adalah 82,81 (Baik). Hasil belajar mahasiswa dari nilai LKM rata-rata pada siklus I adalah 87,21 dan pada siklus II adalah 97,65. Kctuntasan belajar mahasiswa sccara klasikal yaitu 54,2 % (Tidak tuntas), pada siklus II adalah 91,7 % (Tuntas). Penghargaan kclompok pada siklus I semua kelompok Super dan pada siklus II terdiri dari kclompok Super dan Hcbat. Dari hasil penelitian, pembelajaran kooperatif tipe TSTS pada kegiatan belajar mengajar Biologi dasar dapat meningkatkan hasil belajar Biologi Dasar pada Mahasiswa semester 1 di Program studi Pendidikan Biologi FKIP UNRI T. A. 2007/2008. Pokok bahasan : Sel sebagai satuan fungsional, Struktur dan komposisi kimia dalam tubuh ogansisme, Struktur dan organisasi tubuh tumbuhan dan hewan, kcanekaragaman hayati dan fisiologi).en-USPeningkatan Hasil BelajarPeningkatan Hasil Beujar Biologi Dasar Menggunakan Model Kooperatif Tipe TSTS Pada Mahasiswa Biologi Fkip UnriUR e-Research