Ulfah, Lilik2013-03-202013-03-202013-03-20Nickmatil Verdani Fitrihttp://repository.unri.ac.id:80/handle/123456789/2625Tuturan Imperatif dalam IklanPenelitian ini membahas tentang tuturan imperatif yang terdapat di dalam iklan di stasiun televisi. Secara umum, masalah yang diteliti dalam penelitian ini mengenai bentuk tuturan imperatif, makna tuturan imperatif, dan fungsi tuturan imperatif dalam iklan di stasiun televisi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, hal ini disebabkan data-data dalam penelitian ini berupa tuturan. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik rekam catat. Data dalam penelitian ini berupa tuturan imperatif yang terdapat dari beberapa stasiun televisi. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat 5 bentuk tuturan imperatif yang berjumlah 17 data, pada makna terdapat 11 makna dari 17 makna yang ada dalam bahasa Indonesia yang berjumlah 34 data, fungsi terbagi menjadi dua yaitu, fungsi melarang terdapat 5 data. Keseluruhan data yang penulis peroleh berjumlah 34 data. Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan mengenai tuturan imperatif dalam iklan di stasiun televisi dapat disimpulkan bahwa tidak semua tuturan imperatif dalam bahasa Indonesia terdapat dalam iklan di stasiun televisi.en-USTuturan ImperatifIklanStasiun TelevisiTuturan Imperatif dalam Iklan di Stasiun Televisistudent Paper Post Degree