Fauziah, FauziahWahyuni, YusriAmelia, Puspa2018-02-212018-02-212018-02-21978-979-792-552-9wahyu sari yenihttp://repository.unri.ac.id:8080/xmlui/handle/123456789/9229Aktivitas penerapan pembelajaran kooperatif merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika. Pembelajaran kooperatif memiliki keunggulan memotivasi siswa dalam pembelajaran kelompok yaitu dari segi penghargaan kelompok dan kerjasama kelompok. Salah satu pembelajaran kooperatif yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa serta mengoptimalkan pembagian kerja dalam kelompoknya adalah pembelajaran kooperatif tipe Pair Check. Dalam pembelajaran Pair Check ini siswa dibagi dalam kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari dua orang dalam satu kelompok, dimana siswa dalam kelompok tersebut memikirkan secara individu pertanyaan yang diberikan oleh guru, kemudian mereka mendiskusikan dengan pasangannya tentang pertanyaan yang diberikan oleh guru, serta guru meminta kepada pasangan kelompok untuk mempresentasikan didepan kelas. Sehingga siswa bisa mencari pemecahan masalah dan saling membantu memahami konsep-konsep matematika secara aktif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XII Teknik Otomotif Kendaraan Ringan (TOKR) SMK Citra Utama Padang yang berjumlah 20 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan Kooperatif Tipe Pair Check pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran pada siswa Kelas XII Teknik Otomotif Kendaraan Ringan (TOKR) SMK Citra Utama Padang.enKooperatiftipe pair checkhasil belajarPenerapan Kooperatif Tipe Pair Check dalam Pembelajaran Matematika di Kelas XII Teknik Otomotif Kendaraan Ringan (TOKR) SMK Citra Utama PadangArticle