Roswita, Wan2016-07-152016-07-152016-07-15978-979-792-675-5http://repository.unri.ac.id/xmlui/handle/123456789/8461Peran sekolah dalam pengelolaan lingkungan hidup dapat dituangkan dalam kebijakan dan program sekolah yang disusun dan dilaksanakan oleh semua warga sekolah. Sebagai acuan dalam pengelolaan lingkungan di sekolah dapat dilakukan dengan mengikuti program adiwiyata. Metodologi penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pengetahuan dan keterlibatan tenaga pendidik dan peserta didik diperoleh melalui angket, observasi dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan di SMAN 2 dan SMAN 9 Pekanbaru, dimana kedua sekolah tersebut merupakan sekolah adiwiyata tingkat propinsi yang telah menerapkan beberapa program peduli lingkungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tenaga pendidik dan peserta didik mengetahui adanya program adiwiyata dan komponen yang terlibat dalam program adiwiyata. Program sekolah disusun bersama untuk mewujudkan warga sekolah yang peduli lingkungan. Kondisi lingkungan sekolah telah mencerminkansekolah berwawasanlingkungan.Pengelolaan lingkungan hidup pada sekolah adiwiyatamerupakan partisipasi yang dilakukan oleh tenaga pendidik dan peserta didik dalam bentuk : menjaga kebersihan, memilah sampah, mengolah sampah, mengolah limbah cair, pembibitan, penanaman pohon, peduli tanaman dan menghemat energi.Partisipasi pengelolaan lingkungan hidup dilakukan oleh tenaga pendidik dan peserta didik dengan kesadaran yang menjadi kebiasaan.en-USperan guru dan peserta didikprogram adiwiyataprogram sekolahKETERLIBATAN WARGA SEKOLAH DALAM PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP DI SEKOLAH ADIWIYATA TINGKAT PROPINSIUR-Proceedings