Nur, Emrinaldi2017-01-102017-01-102017-01-10wahyu sari yenihttp://repository.unri.ac.id/xmlui/handle/123456789/8899Kendati berbagai kendala ekonomi global, lingkungan bisnis terus berubah akibat pergeseran dari ekonomi internasional ke ekonomi transnasional, sebagaimana istilah peter Drucker. Ekonomi internasional yang semula terfokus pada pertukaran barang dan jasa kini meluas pada pertukaran informasi, pengetahuan, dan uang. Kemajuan teknologi, khususnya teknologi komunikasi dan informasi berperan penting dalam ekonomi transnasional. Lingkungan bisnis kian sarat akan informasi dan pengetahuan. Perusahaan-perusahaan kelas dunia berpacu meningkatkan kapasitas pengetahuan dan teknologi informasi demi daya saing global. Dalam ekonomi transnasional, batas-batas negara juga menjadi kabur akibat keterbukaan it<onomi dunia. Bagi bisnis, keterbukaan ini memperluas peluang pasar, terutama bagi negara-negara yang memiliki bargaining power namun mengancam negara-negara yang tidak memiiiki daya saing. Michael Marquardt dan Angus Reynolds yang dikenal sebagai pakar peiusahaan global mengemukakan bahwa konsumen terus menekankan standar kinerja baru dalam hal mutu, keragaman, kesamaan (customization), kenyamanan, waktu, dan inovasi. Menurut Drucker, inovasi sistematis mengandung upaya terorganisir dan terarah bagi perubahan.enPeran Pemimpin dan kepemimpinan di Lingkungan Bisnis yang Berubah untuk Kasus Indonesia 20 Tahun ke DepanUR-Scientific Work Lecturer