DarmawatiMahadi, ImamFebrita, Elya2014-05-242014-05-242014-05-24wahyu sari yenihttp://repository.unri.ac.id/xmlui/handle/123456789/6342Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan generik mahasiswa biologi FKIP UR melalui model pembelajaran PBL. Subjek penelitian yaitu mahasiswa biologi semester 4 (empat ) yang berjumlah 50 orang. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen penelitian berupa perangkat pembelajaran (Silabus, SAP, LKM, Buku Ajar ) dan alat pengumpul data (LKM dan lembar penilaian). Teknik analisa data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan generik mahasiswa menyelesaikan LKM untuk siklus I yaitu 71.10 % (baik) meningkat menjadi 75,60 % ( baik ) untuk siklus II. Rata-rata kemampuan generik mahasiswa membuat peta pikir untuk siklus I yaitu 74.73 % (baik) meningkat menjadi 81.56 % ( baik sekali) untuk siklus II. Dengan demikian penerapan model PBL dapat meningkatkan kemampuan generik mahasiswa biologi FKIP UR pada matakuliah Getika dan Evolusi.enGenetika dan EvolusiKemampuan GenerikProblem Based Learning (PBL)PENINGKATAN KEMAMPUAN GENERIK MAHASISWA BIOLOGI FKIP UR PADA MATAKULIAH GENETIKA DAN EVOLUSI MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PILL)UR e-Research