Effendi, Leo Adhar2018-02-212018-02-212018-02-21978-979-792-552-9wahyu sari yenihttp://repository.unri.ac.id:8080/xmlui/handle/123456789/9234Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa baik sikap siswa terhadap matematika dan pembelajaran matematika dengan metode penemuan terbimbing. Sampel adalah 36 siswa kelas VIII G SMP Negeri 29 Bandung. Sampel diberikan angket berupa skala sikap siswa terhadap matematika dan pembelajaran matematika dengan metode penemuan terbimbing. Hasil penelitian menunjukan bahwa sikap siswa terhadap matematika yaitu sebesar 78,88% dari yang diharapkan. Sikap siswa terhadap matematika lebih dari dari 62,5% dari yang diharapkan. Hal ini berarti bahwa siswa memiliki sikap positif terhadap matematika. Selain itu, sikap siswa terhadap pembelajaran dengan metode penemuan terbimbing yaitu sebesar 75,31% dari yang diharapkan. Sikap siswa terhadap metode penemuan terbimbing lebih dari 62,5% dari yang diharapkan. Dari pengujian hipotesis juga diperoleh bahwa siswa memiliki sikap positif yang signifikan terhadap matematika dan pembelajaran matematika dengan metode penemuaan terbimbingenPembelajaran matematikaMetode penemuan terbimbingSikap siswaSikap Siswa terhadap Matematika dan Pembelajaran Matematika dengan Metode Penemuan TerbimbingArticle