ArmisMaimunah2013-02-252013-02-252013-02-25wahyu sari yenihttp://repository.unri.ac.id:80/handle/123456789/2330Pemlitiart irti bertujuan untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Pengembangan Program Pembelajaran Matematika, dengan mengaplikasikan pendekatan kontruktivisme dalam pembelajaran, serta menjaring pendapat mahasiswa tentang pelaksanaan pembelajaran. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus. Data aktifitas mahasiswa diperoleh melalui lembar pengamatan, data hasil belajar mahasiswa diperoleh dengan malakukan tes, dan data pendapat mahasiswa diperoleh dengan menggunakan angket dan lembar kesan-pesan. Dari hasil pengamatan diperoleh informasi bahwa aktifitas mahasiswa semakin baik dengan diterapkan pendekatan konstruktivisme. Dari hasil angket dan lembar kesanpesan diperolah fakta bahwa mahasiswa menanggapi sangat positif pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan konstruktivisme, dan menyatakan bahwa pelaksanaan pembelajaran oleh dosen dikategorikan baik. Pendekatan konstruktivisme juga dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Pengembangan Program Pembelajaran Matematika.enmutu perkuliahanPendekatan KonstruktivismePENDEKATAN KONTRUKTIVISME BERMEDIA LCD UNTUK MEMPERBAIKI MUTU PERKULIAHAN PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN MATEMATIKAUR e-Research